-->

Dinas Pendidikan Majene Gelar Seminar Parenting dan Penyelenggaraan PAUD

On Rabu, Juli 07, 2021

MASALEMBO.COM


MAJENE, MASALEMBO.COM - Parenting adalah upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Parenting sebagai proses interaksi berkelanjutan antara orang tua dan anak-anak mereka yang meliputi aktivitas-aktivitas seperti memberi makan (nourishing), memberi petunjuk (guiding), dan melindungi (protecting) anak-anak ketika mereka tumbuh berkembang. 

"Penggunaan kata parenting adalah untuk aktivitas-aktivitas orang tua dan anak-anak. Keluarga sebagai unit sosial terkecil di masyarakat yang terbentuk atas dasar komitmen untuk mewujudkan fungsi keluarga khususnya fungsi sosial dan fungsi pendidikan," kata Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Majene, Abdul Rahman saat kegiatan Seminar Parenting dan Penyelenggaraan PAUD Disdikpora Majene, Selasa, 6 Juli 2021.


Rahman mengatakan, di masa pandemi COVID-19, orang tua harus benar-benar dioptimalkan sebagai mitra lembaga PAUD. Oleh karena itu melalui program parenting sebagai wadah komunikasi antar orang tua, disamping untuk memberikan sosialisasi terhadap program-program yang diselenggarakan oleh lembaga PAUD, secara umum tujuan program parenting adalah mengajak para orang tua untuk bersama-sama memberikan yang terbaik buat anak-anak mereka. 

Sedangkan secara khusus kata dia, tujuan pengembangan program parenting adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan dan pendidikan anak di dalam keluarga sendiri dengan landasan dasar-dasar kareakter yang baik.

Rahman menjelaskan, tujuan kegiatan seminar ini, untuk mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan pihak sekolah guna mensikronkan keduanya sehingga pendidikan karakter yang dikembangkan di lembaga PAUD dapat ditindak lanjuti di lingkungan keluarga.

"Kegiatan ini menghubungkan antara program sekolah dengan program rumah. Lembaga PAUD yang memiliki program-program kelembagaan dan pembelajaran kadangkala bertentangan atau tidak selaras dengan kebiasaan-kebiasaan yang terjadi di lingkungan keluarga. Dengan program parenting ini akan terjadi keselarasan dan keterkaitan, kerjasama yang saling mendukung, saling menguatkan," ujarnya.


Kegiatan seminar Parenting dan Penyelenggaraan PAUD ini diikuti para guru, UPTD dan komite sekolah PAUD dan SD di Majene. Kegiatan yang dibuk Kepala Dinas Pendidikan Majene Iskandar, digelar di aula Dinas Pendidikan Majene. (Adv)

comments