-->

Krisis Oksigen, RS Regional Sulbar Tak Layani Pasien Covid-19

On Rabu, Juli 28, 2021

MASALEMBO.COM

Ilustrasi [net/masalembo.com]


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Rumah Sakit Regional Provinsi Sulawesi Barat terpaksa tak dapat melayani pasien Covid-19 untuk sementara waktu. Alasannya, RS milik Pemprov Sulbar itu sedang kekurangan oksigen.

"Sejak kemarin siang, RS Regional sudah tidak bisa menerima pasien karena O2 (oksigen) hanya cukup untuk pasien yang sementara dirawat," kata dr Ikhwan, Kepala Bidang Kesmas di Dinas Kesehatan Sulawesi Barat yang juga anggota Tim Satgas Covid-19 Sulbar.

Kata Ikhwan, sejak Rabu (28/7/2021) sore pasien yang sedang dirawat di RS Regional Sulbar sudah kesulitan oksigen. "Sudah tidak cukup, kami terus berusaha dengan melakukan koordinasi," ujarnya.

Dia mengatakan, setelah terus berkordinasi pihaknya berhasil mendapatkan hanya 7 tabung oksigen. Jumlah itu masih jauh dari cukup untuk memenuhi kebutuhan oksigen pasien dan warga Sulbar.

"Tapi semoga semoga ini cukup menyambung, semoga besok sudah bisa terpenuhi kebutuhannya," ujar Ikhwan.

Atas kondisi ini, Ikhwan berharap pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen untuk sementara waktu agar mencari rumah sakit yang memiliki ketersediaan oksigen. 

Keterangan Ikhwan sesuai dengan pengumuman yang dikeluarkan manajemen RS Regional Sulbar yang beredar di group WhatsApp.

"Dengan ini diinformasikan untuk sementara waktu tidak menerima pasien yang memerlukan 02 di RSUD Sulbar hingga adanya suplai O2," demikian pengumuman dikeluarkan manajemen RS kini berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) itu. (Hr/Red)

comments