-->

Dorong Semangat Belajar di Tengah Pandemi, Unsulbar Gelar Workshop Pembelajaran Animasi Berbasis Web

On Selasa, Agustus 17, 2021

MASALEMBO.COM


Suasana kegiatan workshop di SDN 55 Inpres Kandeapi [foto: Rezki Amaliyah]


POLEWALI, MASALEMBO.COM
- Kurang efektifnya proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 serta semangat belajar siswa yang juga ikut berkurang karena tidak mampu belajar secara mandiri memantik pihak Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsulbar terjun langsung ke sekolah. 

Mereka melakukan edukasi ke guru-guru kelas yang dinilai masih kurang pemahaman dalam menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi khususnya dalam membuat video pembelajaran berbasis animasi.

Maka melalui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) FKIP Unsulbar menggelar Workshop Media Pembelajaran Berbasis Web dan Adroid. Kegiatan ini digelar di sejumlah sekolah di Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, dan diikuti puluhan guru sekolah dasar.

Foto kegiatan workshop di SDN 001 Tinambung [foto: Rezki Amaliyah]

Ketua Pelaksana Rezki Amaliyah AR, S. Pd., M. Pd mengatakan, peserta workshop adalah guru SD yang tergabung dalam Forum Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus I Wilayah I Kabupaten Polewali Mandar, meliputi SD Negeri 001 Tinambung, SD Negeri 004 Kandemeng, SD Negeri 003 Kandeapi dan SD Negeri 055 Inpres Kandeapi.

"Kegiatan ini untuk memotivasi guru terkait petingnya media dalam proses pembelajaran. Kami yakin dengan workshop ini guru akan mampu mengembangkan media animasi pembelajaran yang berbasis web dan android," kata Rezki Amaliyah dalam rilisnya diterima media ini, Minggu (15/8/2021).

Rezki menjelaskan, dipilihnya guru SD sebagai peserta, sebab media pembelaraan bentuk animasi sesuai dengan karakter anak usia sekolah dasar. Selain itu, mendukung gaya belajar siswa yang beragam, dan dari beberapa hasil penelitian mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

"Media pembelajaran animasi dapat dibuat dalam bentuk video jadi dapat digunakan dalam pembelajaran daring maupun luring. Guru juga dapat memanfaatkan gadget untuk mengembangkan media pembelajaran seperti laptop atau smartphone," terang Rezki.

Kegiatan penerimaan materi melalui zoom meeting [foto: Rezki Amaliyah]

Dikatakan, guru sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena ada wadah untuk mengembangkan diri dalam hal pembuatan media pembelajaran khususnya animasi. Tindak lanjut akan kegiatan workshop ini juga akan dilakukan melalui simulasi penggunaan media yang telah dibuat secara mandiri.

"Harapannya semoga dengan terlaksananya kegiatan ini, guru-guru yang tergabung dalam KKG gugus 1 wilayah 1 Kabupaten Polman terus dapat meningkatkan kompetensi profesionalnya terkhusus dalam menafaatkan teknologi dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berlangsung efektif apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini," tutur alumni Pascasarjana Pendidikan Matematika UNM Makassar ini.

Sementara, Ketua KKG Gugus 1 Wilayah 1 Kabupaten Polman, H. Basri S.Pd mengaku, media pembelajaraan merupakan hal penting dalam proses belajar mengajar, apalagi media yang berbasis teknologi. Saat ini kata dia, generasi peserta didik kita adalah generasi yang tidak lepas dari teknologi, untuk itu guru dituntut untuk mampu juga menggunakan teknologi dalam pembelajaran. 

"Pembuatan media pembelajaran animasi merupakan hal baru bagi kami, apalagi yang berbasis web dan android, awalnya mungkin agak sulit, tapi dengan terus berlatih, apalagi sudah ada video tutorial yang dibagikan, guru-guru akan mampu mengembangkannnya secara mandiri," akunya.

Workshop pembelajaran animasi berbasis web dan adroid ini digelar tiga hari, mulai tanggal 12 hingga 14 Agustus 2021. Hari pertama dilaksanakan secara daring, hari kedua pembimbingan secara luring, dan hari ketiga latihan mandiri. (Hr/red)

comments