-->

Bantuan Stimulus Cair, Rp 6,3 Miliar Lebih Tersalur ke Warga Korban Gempa di Ulumanda

On Sabtu, Oktober 16, 2021

MASALEMBO.COM

Warga Kecamatan Ulumanda menerima bantuan stimulus perbaikan rumah rusak akibat gempa, 15 Januari 2021 lalu. [Ist/Masalembo.com]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Lebih dari Rp 6,3 miliar uang tunai telah tersalur kepada ratusan Kepala Keluarga (KK) warga Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Sabtu (16/10/2021) pagi hingga siang tadi. Uang miliaran rupiah tersebut merupakan bantuan stimulus pebaikan rumah rusak akibat gempabumi pada 15 Januari 2021 lalu.

"Alhamdulillah uang yang tersalur di Ulumanda hari ini Rp 6.305.000.000 untuk 5 desa," ungkap Camat Ulumanda, Muhammad Arif.

Camat Arif mengatakan, uang tunai Rp6,3 miliar lebih itu diberikan kepada warga korban gempa untuk kategori rusak ringan dan sedang. Sedangkan untuk rusak berat uang ditransfer kepada toko atau pihak penyedia barang setelah warga menerima nota pesanan bahan material dari penyedia sesuai kebutuhan RAB yang diajukan untuk perbaikan rumah rusak berat.

"Jadi untuk yang rusak berat sistemnya transfer penuh. Uangnya ada di rekening masing-masing penerima. Nanti bisa dicairkan jika sudah membayar ke toko dengan cara transfer," ujar Arif.

Camat Muhammad Arif mengungkap, untuk rusak ringan dan sedang, sebanyak 458 Kepala Keluarga (KK) menerima uang tunai hari ini di Kantor Camat Ulumanda. Nominal yang mereka terima yakni Rp10 juta untuk kategori rumah rusak ringan dan Rp25 juta untuk kategori rusak sedang.

Camat Ulumanda berharap dengan cairnya bantuan stimulus perbaikan rumah tersebut, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga membantu masyarakat. Ia mengatakan agar bantuan tersebut dapat meringankan beban warga korban gempabumi tektonik berkekuatan 6,2 magnitudo lalu yang memporak-porandakan rumah warga.

"Bantuan ini jangan dijadikan sebagai puncak keberuntungan, namun harus dijadikan momentum bagi kita muhasabah serta doa agar kita dijauhkan dari bencana," pungkas Arif. (Har/Red)









comments