-->

Laporan PTK Siswa Kelas III SDN No 49 Inspres Pasanggrahan, Kabupaten Majene

On Senin, Oktober 18, 2021

MASALEMBO.COM


Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan upaya dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa dengan penerapan metode SQ3R.

Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 18 orang. Lokasi penelitian di SDN No. 49 Inp. Pasanggrahan Kecamatan Banggae kabupaten Majene.

Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Tekhnik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman membaca siswa kelas III SDN No.49 Inp.Pasanggrahan dengan penerapan metode survey, question, reading recite, review (SQ3R). Hal ini tergambar pada pelaksanaan siklus I masuk dalam kategori rendah dengan jumlah nilai rata-rata 55,83 sedangkan pada siklus II mengalami kemajuan dengan kategori tinggi dengan nilai rata-rata 78,33.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran survey, question, reading, recite, review (SQ3R). dapat meningkatkan pemahaman membaca pada siswa kelas III SDN No.49 Inp.Pasanggrahan Kabupaten Majene.

comments