-->

Buka Forum Konsultasi Publik, AST Beberkan 8 Program Prioritas

On Kamis, Februari 10, 2022

MASALEMBO.COM

Bupati Majene Andi Achmad Syukri saat membuka Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023 di Ruang Pola Kantor Bupati Majene, Rabu (9/2/2022).


MAJENE, MASALEMBO.COM - Bupati Majene Andi Achmad Syukri membuka Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023 di Ruang Pola Kantor Bupati Majene, Rabu (9/2/2022).

Sesaat sebelum membuka acara, Andi Achmad Syukri menyebut, ada delapan program yang menjadi prioritas pembangunan yang dipaparkan dalam Forum Konsultasi Publik RKPD 2022, diantaranya penguatan ekonomi kerakyatan, peningkatan produktifitas pertanian, pengembangan industrialisasi agribisnis dan agro teknologi, peningkatan produktifitas dan industrialisasi produk perikanan, menciptakan kemudahan akses lapangan kerja, pengendalian harga-harga kebutuhan pokok, pembangunan infrastruktur yang merata dan berwawasan lingkungan serta peningkatan kawasan pemukiman.

Sementara dalam Forum Konsultasi Publik yang bertemakan “Akselerasi Inklusifitas Pertumbuhan Ekonomi Melalui Penguatan Ekonomi Kerakyatan Menuju yang Unggul dan Mandiri” ia menjelaskan, kegiatan tersebut sangat strategis untuk mengkomunikasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis.


Apalagi kata dia, tahun 2023 merupakan tahun kedua RPJMD dan tahun pertama di era kepemimpinannya. Untuk itu ia mengimbau agar penyusunan RKPD tahun 2023 supaya lebih cermat dan terintegratif serta mampu menjawab permasalahan maupun tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat secara tepat dan strategis.

“Kita mau agar output konsultasi publik ini menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholde, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan yang tidak terpisah dalam tahap penyusunan RAPBD dan pedoman penyusunan KUA PPAS,” terang Andi Syukri.

Turut hadir dalam acara itu, Sekda Majene, Ardiansyah, Kajari Majene, Nursurya, Kapolres Majene, AKBP Febryanto Siagian, Perwakilan Dandim 1401, Staf Ahli, Asisten Pimpinan OPD, para Kabag, Camat, Fasilitator Program Pemberdayan Masyarakat, LSM dan organisasi massa lainnya.

Diketahui, metode pelaksanaan kegiatan melalui sidang pleno yang diawali pemaparan oleh kepala Bapeda Majene yang mengangkat isu stsrgeis RKPD kemudian diskusi dan menjaring  saran dan masukan.


Sedangkan, jadwal penyusunan RKPD Kabupaten Majene 2023 diawali dengan Konsultasi Publik yang dimulai hari ini, kemudian Musrenbang Kelurahan pada 14-16 Februari, Musrembang Kecamatan 17-24 Februari, Forum OPD I pada 28 Feb-10 Maret 2022, Pra Musrenbang dan Musrenbang Kabupaten digelar pada minggu ketiga Maret, Forum OPD lintas sektoral minggu ke IV Maret, Fasilitasi RKPD di Provinsi Sulbar Minggu ke II Mei dan kemudian penetapan RKPD 2023 pada minggu ke IV Mei 2022. (Adv/Red)



comments