-->

Berbagai Lomba Akan Digelar Menyambut Hari Jadi Majene ke-477

On Senin, Juli 11, 2022

MASALEMBO.COM

Wakil bupati Majene Arimunandar saat memimpin rapat persiapan peringatan Hari Jadi Majene (HJM) yang ke-477. [FOTO: Prokopim Setda Majene]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Berbagai acara dan lomba akan digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Majene (HJM) ke-477 yang puncaknya pada 15 Agustus mendatang. Panitia akan menggelar berbagai rangkaian acara yang dimulai 5 hingga 7 Agustus. 

Festival Sandeq Teluk Mandar adalah diantaranya even yang akan digelar. Pada kegiatan ini akan dihelat lomba Segitiga Sandeq, kemudian di tanggal 10 Agustus akan digelar Festival Saeyyang Pattudu yang akan melibatkan Bupati, Wakil Bupati, Sekda para pejabat Forkopimda, pimpinan OPD, camat, lurah hingga kades. 

Sementara untuk Ketua TP PKK, Wakil Ketua TP PKK dan Ketua Dharmawanita dan lainnya akan menggunakan bendi. Hal tersebut merupakan inisiatif Bupati Majene sendiri yang menginginkan di hari jadi tahun ini lebih semarak setelah dua tahun tanpa perayaan berarti akibat Covid 19. 

Ditanggal 15 Agustus atau di hari puncak akan digelar Rapat Paripurna Istimewa di gedung DPRD Majene dilanjutkan acara masossor manurung atau atraksi budaya Mandar lainnya sesuai yang disepakati. Kemudian di tanggal 23 sampai 27 akan digelar Festival Sipamandar yang beberapa waktu lalu telah dilaksanakan rangkaian kegiatanya berupa lokakarya yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Majene.

Sekertaris Disbudpar Majene Afiat Mulwan mengatakan, sesuai keinginan Bupati Majene perayaan tahun ini digelar secara semarak, hikmat namun tetap taat protokol kesehatan. Apalagi ini merupakan Hari Jadi Majene pertamanya bersama Wabup dan Sekda Majene pasca pandemi Covid-19.

"Meski digelar semarak juga khidmat, Bupati Majene juga berharap agar acara dikemas sesuai standar protokol kesehatan," jelasnya saat Rapat Koordinasi Persiapan Peringatan Hari Jadi Majene ke 477, Senin 11 Juli di Ruang Pola Kantor Bupati Majene. 

Rapat tersebut dipimpin Wakil Bupati Arismunandar dan turut dihadiri Sekda Majene Ardiansyah, Staf Ahli dan Asisten, Pimpinan OPD, Kabag Prokompi dan Umum, Camat Banggae dan Banggae Timur, Ketua TP PKK Majene, dan sejumlah penggiat seni.

Sekda Majene Ardiansyah di kesempatan ini juga mengusulkan beberapa lomba untuk memeriahkan HJM yang sifatnya bermanfaat. Seperti lomba mengaplikasian exel, lomba membuat PPT dan Lomba MC untuk tiap OPD. Bagi yang melibatkan masyarakat umum digelar lomba membuat video atau fotografi objek wisata di Majene. 

Selain itu juga akan dilaksanakan lomba kebersihan antar OPD. Lomba tersebut bukan hanya mencari terbaik 1, 2 dan 3 tapi juga terburuk 1, 2 dan 3. "Esensinya supaya semua bergerak, kan ada itu OPD yang tidak mau bergerak dan tidak menargetkan juara," jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Majene Arismundar berharap seluruh pihak terkait tetap berkoordinasi utamanya dengan para penggiat budaya di Mandar. Dengan kolaborasi yang baik akan mendukung kesuksesan kegiatan Hari Jadi Majene ke-477.

"Setelah hari ini, keputusan kita akan tindak lanjuti bersama dengan memperkuat koordiansi dan kolaborasi baik dengan kelompok komunitas seni budaya untuk mensukseskan kegiatan hari jadi Majene," pungkas Aris. (Ril/Hr)

comments