-->

Bakal Seru, 62 Gadis Desa Akan Meriahkan Pawai Sayyang Pattuqdu di Majene

On Senin, Agustus 08, 2022

MASALEMBO.COM

Ilustrasi kegiatan pawai Sayyang Pattuqdu [Foto: Irwan Fals untuk Masalembo.com]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Sebanyak 62 gadis desa atau bunga desa bakal memeriahkan pawai sayyang pattuqdu di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Kegiatan yang dihelat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemda Majene ini akan berlangsung pada Kamis 11 Agustus 2022.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Majene, Rustam Rauf mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi Majene (HJM) ke-477. Puncak HJM akan jatuh pada 15 Agustus 2022.

"Sayyang pattuqdu ini adalah aset budaya kita, perlu dilestarikan, maka kita laksanakan. Kegiatan ini dalam rangka hari jadi Majene ke-477," kata Rustam di kantor Bupati Majene, Senin (8/8/2022).

Selain 62 desa yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, juga terdapat perwakilan 12 Kelurahan, 8 Kecamatan dan 38 OPD se- Pemda Kabupaten Majene.

"Mereka akan diiringi oleh masing-masing rebana yang memang menjadi syarat dalam sayyang pattuqdu," ujar Rustam.

Ia mejelaskan bahwa, gadis-gadis cantik dari desa akan menunggang kuda bersama ibu desanya. Mereka sudah dipilih oleh masing-masing Pemdes untuk tampil di event budaya dan pariwisata tersebut.

"Yang kita harapkan adalah bahwa kita membangkitkan kembali kebudayaan kita lewat keterlibatan semua desa. Bentuknya ini adalah pawai," jelas Rustam.

Selain desa dan kelurahan para pimpinan OPD dan pimpinan Daerah Pemda Majene juga akan turut serta dalam event tersebut. Sebagian dari mereka akan menggunakan bendi.

"Jadi urutannya yang pertama di depan itu adalah Pak Bupati, Pak Wakil dan Pak Sekda kemudian di belakang pakai bendi itu ada ibu Bupati Ibu Wakil dan ibu Sekda, lalu di belakang itu para Pimpinan OPD dan nyonya juga memakai bendi, nah kemudian di belakang bunga desa," terang Rustam.

Sekretaris Daerah Majene Ardiansyah menyebut, berbagai kegiatan dalam rangkaian Hari Jadi Majene adalah bentuk kesyukuran. "Kita meyakini bahwa yang namanya bersyukur atas sesuatu itu pasti banyak rezekinya. Jadi mudah-mudahan ini kita tunjukkan bahwa hari jadi Majene ini kita bersyukur," ujarnya.

Sekda Ardiansyah mengatakan bentuk kesyukuran adalah turut berpartisipasi. Maka ia mengajak seluruh OPD, Camat, dan Kades untuk sama-sama bekerja dan saling melengkapi dalam segala hal terkait pelaksanaan kegiatan ini.

"Suatu kegiatan biasanya ada kurang dan lebihnya. Saya minta kekompakan kita semua. Kalau ada kurangnya ini kegiatan kita yang tutupi. Jangan teman kita ada yang kurang justru kita yang besar-besarkan, karena kita ini satu tim pemerintah daerah ini dibawa bupati dan wakil bupati,"  terang Ardiansyah saat Sosialisasi Teknis Kegiatan di Ruang Pola Kantor Bupati Majene pagi tadi. (Hr/Red)

comments