-->

Sandeq Mendukung IKN Tiba di Balikpapan Disambut Walikota Bersama Pangdam VI/Mulawarman

On Kamis, September 08, 2022

MASALEMBO.COM



MAJENE, MASALEMBO.COM - Festival Sandeq yang digelar Pemprov Sulbar bertajuk Indonesia Mendukung IKN, sebagai komitmen Pemprov Sulbar mendukung IKN.

Penyambutan para passandeq ditandai dengan penyerahan seserahan oleh Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik beserta Bupati Se- Sulbar kepada Walikota Balikpapan Rahmat Mas'ud dan Pangdam VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo di Pantai Manggar, Balikpapan bersama seluruh Forkopimda Se Balikpapan di pantai Manggar Rabu 7 September 2022.

Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik mengatakan, mengatakan melalui festival sandeq ini menjadi momentum untuk merajut silaturahmi antara sesama bangsa Indonesia khususnya Sulbar dan Kalimantan Timur.

"Sandeq merupakan mahakarya maritim Indonesia yang tidak dimiliki daerah lain, sehingga ia tidak ingin jika sandeq ini berhenti disini saja," kata Akmal Malik.

Sandeq ini ,lanjut Akmal Malik, mencerminkan banyak hal. Sandeq memiliki bentuk  runcing tajam kecil tetapi nyali passandeq besar.

"Kalau tidak memiliki nyali besar tidak akan bisa sampai disini, spirit inilah yang harus digunakan untuk menyelesaikan persoalan bangsa," kata Akmal Malik

Walikota Balikpapan Rahmat Mas'ud mengatakan pemerintah Balikpapan menyambut baik kedatangan para pasandeq di Balikpapan.

"Karena ini momentum yang luar biasa dan kesempatan ini kita ingin mengenalkan dan mewariskan kepada generasi bagaiman mencintai laut," kata Rahmat.

Potensinya sangat besar lanjutnya karena  Kalimantan Timur dan Sulawesi Barat  berada  di jalur Alki II. 

Kalau kita tidak memiliki nyali yang besar maka kita kita dapat mengarungi selat Makassar, itu menurutnya memiliki makna filosofi yang besar.

"Filosofi itu kalau kita yang kalau kita manfaatkan merupakan karakter bangsa kita, yang tak mengenal mundur," tutupnya.

Momentum ini juga menurutnya menjadi ajang promosi pariwisata bahari yang ada bagi Sulbar dan Kalimantan Timur. (rls/red)

comments