-->

Hot News

Peringati Sumpah Pemuda, Kemenkumham Sulbar Diharap Tingkatkan Semangat Membangun Bangsa

By On Minggu, Oktober 30, 2022

Minggu, Oktober 30, 2022


MAMUJU,MASALEMBO.COM-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Faisol Ali menyebut bahwa momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Hal itu dikatakan saat saat  peringatan hari Sumpah Pemuda ke-94, di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Barat, Jumat (28/10/2022).

Menurut Faisol Ali peringatan hari sumpah pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar. 

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan” sambung salah satu Kakanwil Institusi Menkumham, Yasonna itu

Sementara itu, Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Slamet Pramoedji bertindak selaku pembina upacara dan membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali.

Dikatakan sejarah telah menjelaskan pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

“Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional. Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang, namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan,” ujarnya.

Ia menambahkan peringatan Sumpah Pemuda ini menjadi momentum tingkatkan semangat bersama membangun bangsa.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia,” pungkasnya. (Awal Dion)

comments