-->

Hot News

RSUD Pemda Majene Kini Miliki Dokter Spesialis Jantung

By On Kamis, Oktober 13, 2022

Kamis, Oktober 13, 2022


MAJENE, MASALEMBO.COM - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pemda Majene, Provinsi Sulawesi Barat kini memiliki dokter spesialis jantung. RSUD yang terletak di lingkungan Camba, Kecamatan Banggae itu terus berbenah untuk menaikkan tipe dari C ke tipe B.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendatangkan salah seorang dokter ahli penyakit jantung. Sebelumnya, RSUD Majene memang tak punya Poli Pelayanan Jantung.

Ketua Komite Medik RSUD Majene, dr. Zulfatmah, Sp.OG mengatakan, dokter ahli jantung sudah ada di rumah sakit Majene dan sudah mulai bertugas.

“Sebelumnya kita melakukan proses yang digunakan untuk melakukan verifikasi terhadap kualifikasi, pengalaman, profesionalisme, yang berhubungan dengan kompetensi, performance kesehatan dalam suatu profesi dalam menunjang pelayanan kesehatan,” ujar Zulfatmah, Rabu (12/10/2022)

Zulfatmah berharap, dengan adanya dokter jantung di RSUD Majene, pasien yang ada gejala jantung dapat ditangani di rumah sakit milik Pemda Majene itu.

“Jadi masyarakat tidak perlu lagi dirujuk ke Polewali ataupun Makassar, agar kemudian biaya dapat diminimalisir (dihemat) sekaligus dapat meningkatkan pelayanan kita di rumah sakit Majene,” tuturnya.

Dokter ahli kandungan itu berharap, dengan bertambahnya dokter spesialis, agar makin bisa melayani berbagai macam penyakit.

Terkait alat penunjang medis yang akan digunakan khusus penyakit jantung, Zulfatmah menyebut baru tersedia EKG.

“Yang wajib ada itu selain EKG juga Treadmill jantung dan Echocardiografi. Tapi alat pendukung yang lain sementara diupayakan,” urainya.

Beberapa waktu lalu saat visitasi tim dari Unhas Zulfatmah menjelaskan, Direktur sudah menyanggupi nanti untuk kemudian alat penunjang pemeriksaan jantung akan diusahakan melalui anggaran perubahan.

Meski begitu pelayanan pasien bergejala jantung sudah dapat beroperasi. “Terkait echo jantung sebenarnya dapat menggunakan USG yang ada di poli saya untuk memeriksa jantung. Jadi nanti itu kalau ada yang perlu di USG jantung bisa digunakan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dokter ahli yang dimiliki RSUD Majene saat ini bernama dr. Andi Renata B, Sp. JP (Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah.

Bupati Majene Andi Achmad Syukri mengaku sangat bersyukur atas adanya dokter spesialis jantung di RSUD Majene. Ia berharap dengan adanya tambahan tenaga medis tersebut makin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Iya, Alhamdulillah kita bersyukur sekali, karena sudah ada dokter jantung di sana (RSUD Majene), semoga makin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Andi Syukri di rujab bupati Majene, Rabu malam. (Adv/Ril)

comments