-->

Hot News

KPU Polman Sosialiasi Pembentukan Penyelenggara Ad Hoc di Pulau Terpencil

By On Selasa, November 15, 2022

Selasa, November 15, 2022


POLEWALI, MASALEMBO.COM - Jelang Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polman menggelar Sosialisasi Pembentukan Badan Ad Hoc Penyelenggara Pemilu 2024 serta peluncuran Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA), Selasa 15 November 2022.

Kegiatan ini menyasar pulau terpencil yakni pulauTangnga atau pulau Salama yang berada di wilayah Kelurahan Amassangan, Kecamatan Binuang. Pihak KPU Polman harus menyeberangi lautan dengan tantangan kondisi cuaca buruk seperti angin kencang dan gelombang tinggi. 

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Divisi Sosialisasi KPU Polman Munawir, lurah Amassangan Abdul Majid, serta masyarakat pulau Tangnga.  

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Polman Munawir mengatakan Sosialisasi ini dilaksanakan untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang pembentukan Badan Ad Hoc penyelenggara Pemilu 2024 serta peluncuran Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hock (SIAKBA). Khusus daerah terpencil yang aksesnya sulit di jangkau dan terkendala jaringan.

”Sosialisasi dilaksanakan khusus untuk daerah terpencil yang memiliki akses sulit dijangkau  serprindi pulau ini," kata Munawir.

Sosialisasi pembentukan Badan Ad Hoc dan Ad Hock ini masih mengacu kepada syarat-syarat pendaftaran rekruitmen PPS dan PPK, karena belum pada seleksi karena masih menunggu petunjuk tekhnis dari KPU RI.

"Saat ini KPU RI masih terus melakukan rakor msoal ini"kata Munawir.

Munawir menamabahkan, Pendaftaran PPK, PPS untuk  Pemilihan tahun 2024 berbeda dengan Pemilu dan Pilkada sebelumnya. Pendaftaran badan adhoc di jajaran KPU pada Pemilu 2024 ini dilakukan secara online dengan menggunakan Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hock (SIAKBA) Terang Munawir .

‘Jadi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai anggota PPK dan PPS bisa mendaftar secara online pada aplikasi SIAKBA," jelas Munawir.

Meski demikian, bagi masyarakat yang sulit melakukan pendaftaran secara online karena faktor jaringan dan penguasaan tekhnologi dapat mendaftar secara offline di kantor KPU 

"Di kantor kami telah menyiapkan operator yang dapat membantu pendaftaran mereka  sebagai anggota PPS dan PPK  secara online," erang Munawir .

Diharapkan pada tahapan awal Pemilu pada Januari mendatang, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu tahun 2024 , telah terbentuk agar tahapan pemilu ke depan tidak ada kendala  sehingga teman- teman di KPU dapat berjalan dengan maksimal.

Sementara Lurah Ammasangan Abdul Majid sangat mengapresiasi KPU Polman atas pelaksanaan sosialisasi pembentukan Badan Ad Hoc dan Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hock (SIAKBA) kepada warganya di Pulau Salama.

Abdul Majid berharap agar kegiatan Sosialisasi tidak hanya sebatas kegiatan ini , namun setiap tahapan dapat dilaksanakan di pulau terpencil, agar pelaksanaan Pemilu di daerah terpencil dapat berjalan dengan baik .

Menurutnya kegiatan sosialisasi dapat mempermudah masyarakatnya bagaimana caranya menjadi pemilih yang sadar,  pemilih cerdas dan memberikan pemahaman yang lebih luas tentang pemilu masyarakat kami yang ada di daerah terpencil.

"kalau bisa, sosialisasi ini jangan dilakukan kali ini saja atau tahapan ini saja, kalau bisa di setiap tahapan di dalam pemilihan 2024 nantinya ini kalau bisa dilakukan sosialisasi itu daerah kami," pungkasnya. (Ant)

comments