-->

Hot News

Ibu Ini Melahirkan Saat Perjalanan Mudik ke Kampung Halaman

By On Sabtu, April 22, 2023

Sabtu, April 22, 2023

Ibu Kamsiani usai melahirkan bayinya di Puskesmas Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Jumat (21/04/2023). Kamsiani melahirkan dalam perjalanan mudik ke kampung halamannya di Luwu Utara. [Asrianto/masalembo.com]


POLEWALI, MASALEMBO.COM - Seorang pemudik melahirkan saat perjalanan pulang menuju ke kampung halamannya. Ibu bernama Kamsiani (33 tahun) melahirkan pada Jumat (21/4/2023) di Puskesmas Polewali, Jalan Teukur Umar Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat

Ibu ini sedang melakukan perjalanan mudik dari Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah ke kampung halamannya di Sukamaju, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Suami pasien, Supriadi (36) mengatakan, awalnya mereka berangkat dari desa Sejati Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah pada Kamis, 20 April pukul 15:00 WITA sore.

Mereka menumpang mobil dump truck (mobil tongkang) yang dilapisi alas kasur di bagian bak belakang mobil. Setelah menempuh perjalanan selama 12 jam, mereka lalu singgah istirahat di salah satu masjid di Sarampu untuk buang air kecil. Pada saat selesai buang air kecil, tiba-tiba ibu ini merasakan kontraksi dan mengalami pecah ketuban.

"Awalnya tidak apa-apa, selama perjalan aman-aman saja, tapi saat di toilet ada air putih keluar, mungkin ketubannya pecah. Namanya melahirkan kita tidak tahu kapan terjadi," kata Supriadi.

Ia lalu meminta bantuan kepada warga dan temannya untuk diantar ke Puskesmas Polewali yang jaraknya sekitar 600 meter.

Tiba di Puskesmas, pasien ini lalu dibantu oleh petugas bidan dan perawat. Proses persalinan berlangsung pada Jumat dini hari pukul 03:00 Wita dan berjalan lancar. Selama kurang lebih satu jam, ibu ini melahirkan dengan persalinan normal. Lahirlah bayi berjenis kelamin laki laki dengan berat bayi 3,8 kilogram, Panjang badan 52 centimeter. Bayi ini merupakan anak ketiga dari hasil pernikahan mereka.

"Belum ada nama pak, ini kami masih mencari nama nama yang tepat sesuai dengan momen kejadian ini," tutur Supriadi.

Salah satu perawat yang membantu proses persalinan Nasri mengatakan, pasien ini datang dengan pembukaan yang sudah lengkap sehingga tidak menyulitkan proses persalinannya.

"Jam 3 subuh (lahir) pak, tapi lumayan kita masih menunggu agak lama sedikit baru bisa melahirkan dengan normal," katanya.

Saat ini kondisi ibu dan bayi dinyatakan sehat. Namun petugas masih memberikan cairan induk untuk membantu memulihkan stamina pasien pemudik tersebut.

"Kita lihat dulu keadannaya, jika kondisinya terus stabil, Insha Allah besok kita boleh izinkan pulang kerumah," kata Nasri.

Supriadi, sang suami pasien mengatakan, jika sudah keluar dari Puskesmas, akan istirahat dulu di rumah kerabatnya di Polman. Nanti jika konsi istrinya sudah pulih akan melanjutkan perjalan ke Sukamaju Luwu Utara.

Keluarga ini merupakan pekerja kelapa sawit di sebuah perusahaan di Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. (Ant/Har)

comments