-->

Hot News

Ulama Papua Serukan Persaudaraan di Halal Bi Halal HIKMAT Tande

By On Selasa, April 25, 2023

Selasa, April 25, 2023

Suasana Halal Bihalal warga masyarakat Tande, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. [Foto: Dok. HIKMAT Tande]

MAJENE, MASALEMBO.COM - Ulama Asal Jayapura, Papua, KH Salman Saadong menyerukan pentingnya memelihara persaudaraan sesama umat Muslim.

Pesan penting pimpinan Pondok Pesantren Darul Ma'arif Numbay, Jayapura itu disampaikan KH Salman saat menyampaikan tausyiah di acara Halal Bi Halal Himpunan Keluarga Mandar Tande (HIKMAT) di Majene, Selasa (25/04/2023).

Disamping menyerukan persaudaraan, KH Salman juga menyerukan agar para jamaah mengutamakan rasa sabar, menjauhi penyakit hati.

"Jangan cepat marah, gampang emosi, sebab bila mudah marah, emosional, penyakit fisik juga mudah timbul," kata Salman.

Acara Halal Bi Halal warga Tande yang digelar pengurus HIKMAT cabang Majene itu berlangsung di halaman SMPN 5 Tande.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, bupati Andi Syukri Tammalele, pejabat struktural Pemprov Sulbar, unsur TNI Polri serta ribuan warga Tande perantauan dari berbagai daerah di Indonesia. 

Sekretaris HIKMAT Majene, Ustadz Muslim AT menyampaikan, halal bi halal warga Tande sudah rutin digelar dengan tujuan mempererat tali silaturahmi warga Tande yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

" Kita minta perhatian pemerintah dan DPRD agar memberikan prioritas jalan menghubungkan Kelurahan Tande dengan pusat kota kabupaten Majene. Jalan di Tande ini juga menghubungkan Majene dengan kabupaten Polewali Mandar, sehingga sangat strategis sebagai jalur antar kabupaten," kata Muslim yang juga tokoh pendidikan di Majene. 

Ketua Panitia halal bi halal HIKMAT, Jarnawi menjelaskan terselenggaranya acara tersebut selain untuk wadah silaturahmi pasca Idul Fitri, juga menjadi sarana bagi warga Tande yang berdiaspora di semua daerah untuk terus mengingat tanah leluhur, Tande.

"Lita' Pembolongan (Tanah Leluhur) Tande ini perlu terus banyak mendapat perhatian kita bersama, mulai pembangunan Sumber Daya Manusia hingga pembenahan Infrastruktur di Tande," kata Jarnawi yang juga aktivis muda Sulbar. 

Acara halal bihalal HIKMAT Tande berjalan lancar, hujan turun setelah semua agenda acara tuntas.
Di ujung acara, panitia menyajikan sejumlah makanan khas tradisional Mandar. (Ril/Har)

comments