-->

Hot News

Pemkab Sumenep Kembali Berangkatkan Kapal Layanan Mudi Gratis Ke Pulau Kangean

By On Senin, April 17, 2023

Senin, April 17, 2023

Kapal DBS III yang melayani program mudik gratis Pemkab Sumenep. [Khairullah Thofu]


SUMENEP, MASALEMBO.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep kembali berangkatkan layanan mudik gratis pada Hari Raya Idul Fitri 2023. Kali ini kapal yang disediakan untuk mudik gratis akan melayani rute Pelabuhan Kalianget ke Kepulauan Kangean.

Masyarakat menyambut baik yang digagas Pemerintah Daerah, pasalnya program itu membantu masyarakat yang ingin berlebaran di kampung halamannya.

Sebab sudah menjadi hal biasa ketika musim mudik lebaran tiba setiap tahunnya, masyarakat kepulauan terutama sangat kesulitan mendapatkan kapal dan harus berdesak-desakan dengan penumpang lainnya.

Makanya, program mudik gratis yang digagas oleh Pemkab Sumenep ini dapat dirasakan betul oleh masyarakat terutama kepulauan yang bergantung kepada transportasi kapal untuk pulang ke kampung halaman.

Salah seorang warga Pulau Kangean, Dini mengatakan, dirinya bersyukur dengan adanya program mudik gratis ke kepulauan untuk membantu warga kepulauan berlebaran bersama keluarga.

“Yang jelas, dengan adanya program mudik gratis Pemerintah Kabupaten Sumenep ini, sangat membantu masyarakat untuk bersilaturahim bersama keluarga saat Idulfitri tahun ini,” Katanya di sela-sela pemberangkatan mudik gratis dengan Kapal DBS III, di Pelabuhan Kalianget, Minggu (16/4/2023).

Dirinya berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah menyediakan kapal dengan mudik gratis, sehingga masyarakat yang ingin ke kepulauan tidak kesulitan sarana transportasi laut.

“Alhamdulillah Bupati sudah memperhatikan kebutuhan masyarakat kepulauan untuk menyediakan kapal menjelang lebaran, apalagi dengan program mudik gratis ini membantu meringankan beban biaya transportasi,” ujarnya sambil tersenyum.

Sememtara itu, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Sumenep Yayak Nurwahyudi menuturkan, Saking banyaknya penupang yang mencapai 430 Orang membuat pihak operator kapal terpaksa membuat seat darurat dan menyulap beberapa areal kapal menjadi ruangan bagi penumpang.

"Ya karena ada kompensasi penambahan 20 persen dari kapasitas kapal. Sekarang membludak dan penuh, ruang cafe kita jadikan ruang penumpang," Terangnya.

Pihaknya menyampaikan, Untuk Rute pelayanan mudik gratis pertama yakni Pelabuhan Kalianget menuju Kepulauan Masalembu menggunakan kapal perintis KM Sabuk Nusantara 92.

"Hari ini, Minggu (16/4/2023), berangkat juga Kapal DBS III tujuan Pulau Kangean," ujarnya.

Dia menjelaskan, pelayanan mudik gratis ini merupakan program rutin dari pemerintah daerah, untuk membantu masyarakat Kabupaten Sumenep khususnya kepulauan yang hendak mudik lebaran

Untuk Program mudik gratis ini dianggarkan sebesar Rp 544 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumenep, dengan menyasar sekitar 8.500 orang untuk program mudik gratis.

Untuk Dijetahui, pada Pemberangkatan kapal gratis kali ini dilepas oleh Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifah, Plt. Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Sumenep, Yayak Nurwahyudi, dan Kapolres Sumenep, AKBP Edo Satya Kentriko. (TH)

comments