-->

Hot News

Upaya Sambut Peluang IKN, Bupati Majene Garap Sektor Pertanian

By On Kamis, April 13, 2023

Kamis, April 13, 2023

Andi Achmad Syukri [ist]

MAJENE, MASALEMBO.COM - Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar), kini menjadi perhatian utama bagi pemerintah Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

Secara geografis, Majene memang salah satu daerah terdekat dengan IKN sehingga peluang itu mesti direspon positif dengan menyiapkan potensi kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki daerah berjuluk Bumi Assamalewuang ini.

“Pemerintah Kabupaten Majene tentu ingin memanfaatkan peluang itu dengan mempersiapkan SDA di sektor pertanian, peternakan maupun pada sektor lainnya,” kata Bupati Majene Andi Achmad Syukri dalam kegiatan Forum Group Discussion dengan tema “Menggali Potensi Sumber Daya Lokal di Bidang Pertanian dan Peternakan sebagai Pedoman Terbentuknya Pusat Pengembangan Kawasan Pertanian dan Peternakan Terpadu di Kabupaten Majene dalam rangka Mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN). Kegiatan ini bertempat di Rujab Bupati Majene, Rabu (12/4/2023).


Diskusi ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Ardiansyah, Anggota DPRD Majene, Kepala Balai Besar Veteriner Maros Kementan RI, Ketua Koornas KKT-PTI, Para Akademisi Unhas dan Unsulbar, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Majene dan Polman serta sejumlah undangan lainnya.

Bupati Majene menyampaikan, daerahnya punya potensi lahan yang cukup untuk mengembangkan sektor pertanian termasuk tanaman pangan holtikultura maupun sektor lainnya yang belum tergarap secara optimal.

"Produksi dan produktivitas sektor pertanian mesti ditingkatkan lagi dengan cara melakukan penambahan areal tanam. Termasuk dukungan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) serta dukungan kebijakan anggaran yang memadai,” ujar AST sapaan akrab Bupati Majene itu. (Ril/Red)

comments