-->

Hot News

Mahasiswa Psikologi UNM Gelar Terapi Film untuk ODGJ dengan Gejala Isolasi Sosial

By On Rabu, Maret 01, 2023

Rabu, Maret 01, 2023

MAKASSAR, MASALEMBO.COM - Sebagai Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Proyek Kemanusiaan dari Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM), mahasiswa psikologi melaksanakan Terapi Film (Cinema Therapy) untuk membantu mengatasi gejala isolasi sosial yang dialami oleh orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Kegiatan ini dilakukan di Sentra Wirajaya Makassar, Rabu 1 Maret 2023, dan didampingi oleh Sulham, seorang perawat yang berpengalaman.

Jenis terapi yang dilakukan adalah Evocative Cinema Therapy, yang bertujuan untuk membantu orang lain memahami diri mereka sendiri dengan lebih dalam. 

"Terapi ini didasarkan pada bagaimana individu menanggapi karakter dan adegan yang berbeda dalam film. Film yang diputar pada saat pelaksanaan terapi berjudul "Gerobak Perdamaian" dengan durasi kurang lebih 10 menit," ungkap Najiba, mahasiswa Psikologi UNM yang merupakan penyelenggara kegiatan ini.

Dikatakan, film ini menceritakan tentang seorang Pak Baron, tokoh yang terus berbuat baik bahkan kepada orang yang menganggapnya negatif. 

"Pak Baron dalam film ini menghiraukan anggapan negatif orang sekitarnya sehingga ia tetap mau berbaur atau bersosialisasi dengan orang sekitar. Pesan penting yang dapat diambil dari film ini adalah bahwa meskipun kita tidak bisa membuat semua orang senang, kita tetap berusaha untuk berbuat baik pada semua orang," terang Najiba. 

Menurutnya, setiap orang dapat merubah pandangan negatif menjadi positif, sehingga semua orang bisa lebih mencintai sesama dan bisa berkumpul bersama untuk kebaikan dan perdamaian.

Setelah film diputar, Sulham sebagai perawat senior bersama mahasiswa memberi kesempatan kepada setiap ODGJ untuk mengungkapkan pesan atau pelajaran yang didapatkan dari film yang telah diputar. Salah satu pasien ODGJ menyatakan bahwa film ini memberikan kesadaran untuk terus berbuat baik dan tidak menyepelekan orang lain, karena kita semua sama dan semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Terapi Film (Cinema Therapy) telah terbukti efektif dalam membantu mengatasi gejala isolasi sosial pada ODGJ. Melalui terapi ini, ODGJ dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang diri mereka sendiri dan mengembangkan keterampilan sosial yang lebih baik. 

"Kegiatan ini juga membuktikan bahwa melalui seni, seperti film, kita dapat menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk melakukan perubahan positif dalam hidup mereka," pungkas Najiba. (Ril/Har)





comments