-->

Hot News

PKM Banggae I dan PKM Tutar Kaji Banding BLUD Puskesmas untuk Peningkatan Pelayanan

By On Rabu, Juli 05, 2023

Rabu, Juli 05, 2023

Kaji Banding BLUD Puskesmas yang berlangsung di Aula Lantai 2 PKM Banggae I Majene, Rabu, 5 Juli 2023. [Foto: Rezki untuk masalembo.com]
 

MAJENE, MASALEMBO.COM - Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Banggae I dr Hj Surijanti Jaddu dan staf antusias menyambut kedatangan rombongan PKM Tutar Kabupaten Polman, Rabu (5/7/2023). Kehadiran rombongan PKM Tutar untuk menggelar Kaji Banding BLUD Puskesmas yang berlangsung di Aula Lantai 2 PKM Banggae I Majene.

Kepala PKM Banggae I Majene, dr Hj Surijanti Jaddu mengatakan, kedatangan Tim PKM Tutar yang dipimpin langsung Kepala PKM Tutar drg Sudirman Rauf, untuk berbagi informasi tentang syarat-syarat menjadi Puskesmas BLUD (Badan Layanan Umum Daerah). 

Sebelumnya, PKM Banggae I telah menjadi Puskesmas BLUD sejak tanggal 28 November 2022 berdasarkan Surat Keputusan Bupati Majene Nomor 1053/HK/KEP-BUP/XI/2022. 

"Jadi, PKM Banggae I Majene ingin membantu PKM Tutar untuk memahami proses dan persyaratan yang diperlukan untuk mencapai status tersebut," kata dr Hj Surijanti Jaddu.

Dalam kaji banding ini, PKM Banggae I Majene memaparkan beberapa dokumen yang menjadi persyaratan untuk menjadi Puskesmas BLUD, antara lain surat pernyataan bersedia diaudit, surat pernyataan kesanggupan meningkatkan kinerja, dokumen tata kelola, dokumen rencana strategis, dokumen standar pelayanan minimal (SPM) serta laporan keuangan.

"Kegiatan ini merupakan langkah positif untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola Puskesmas BLUD. Kami berharap bahwa dengan berbagi informasi ini, PKM Tutar dapat lebih mudah dan cepat memenuhi persyaratan sehingga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik untuk masyarakat," terang dr Surijanti Jaddu.

Dikatakan, menjadi Puskesmas BLUD memberikan keuntungan berupa fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan, yang bertujuan untuk mendukung peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas. Hal ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.

Sementara, Kepala PKM Tutar drg Sudirman Rauf menyampaikan apresiasi atas kesempatan ini. Ia berharap kerjasama yang terjalin dapat menjadi contoh bagi unit kesehatan lainnya dalam mengoptimalkan pelayanan dan pengelolaan keuangan.

Kata dia, kaji banding ini berlangsung dengan penuh semangat dan kolaboratif. Pihak PKM Banggae I Majene berkomitmen untuk memberikan bimbingan dan dukungan kepada PKM Tutar dalam mencapai status Puskesmas BLUD. (Riz/Har)

comments