-->

Hot News

Saka SAR Majene Dikukuhkan, Upaya Edukasi Search and Rescue Bagi Pemuda

By On Kamis, Agustus 24, 2023

Kamis, Agustus 24, 2023

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Majene, Arismunandar saat melantik dan mengukuhkan Majelis Pembimbing Satuan Karya (Saka) SAR Unit Siaga SAR Majene di Ruang Pola Kantor Bupati Majene, Kamis 24 Agustus 2023. [Irwan Abd Latif/masalembo.com]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Majene, Arismunandar melantik dan mengukuhkan Majelis Pembimbing Satuan Karya (Saka) SAR Unit Siaga SAR Majene di Ruang Pola Kantor Bupati Majene, Kamis 24 Agustus 2023. 

Saka SAR yang diketuai Agustang ini merupakan program Basarnas Mamuju sebagai wadah pendidikan dan menyalurkan minat, mengembangkan bakat serta pengalaman para pramuka. Hal ini diperuntukkan bagi para pramuka penegak pandega usia 16-25 tahun untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan search and rescue.

Kepala Basarnas Mamuju, Muh Rizal mengatakan, Saka SAR Unit Siaga SAR ini adalah yang kedua di Sulawesi Barat setelah Mamuju. Ini merupakan upaya untuk memperkuat potensi SAR di wilayah ini. 

"Kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada adik-adik kita, khususnya generasi muda untuk bagaimana memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan," kata Rizal.

Sementara itu, para peserta akan mengikuti pelatihan dasar Saka SAR yang berlangsung di berbagai tempat di Majene. Seperti pelatihan pertolongan bagi korban bencana, evakuasi dan pertolongan serta lainnya. Termasuk melatih navigasi darat bagi peserta untuk memudahkan nantinya dalam misi kemanusiaan.

Dalam pelantikan ini, Bupati Majene, Andi Achmad Syukri (AST) turut hadir. AST mangapresiasi program Saka SAR dari Basarnas Mamuju tersebut untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) potensi SAR.

"Saya selaku Bupati Majene  sanga berharap kegiatan ini dapat menghasilkan ketersediaan SDM yang siap mendukung tugas operasi SAR dalam pencarian dan pertolongan," harap AST. (Wan)

comments