-->

Hot News

Celebes Heritage Festival; Gotong Royong Pemajuan Kebudayaan

By On Kamis, Desember 14, 2023

Kamis, Desember 14, 2023

Sekretaris Provinsi Sulbar Muhammad Idris DP saat membuka Celebes Heritage Festival di Stadion Prasamya Mandar Majene, Rabu (13/12/2023) malam. [Gie/masalembo.com]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Event Celebes Heritage Festival yang digelar di Stadion Prasamya Mandar Kabupaten Majene resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris DP pada Rabu (13/12) malam. Sementara Penjabat Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh yang belakangan hadir turut menyampaikan sambutan dan memukul gong tanda dimulainya momen pameran dan pertunjukan seni budaya se-pulau Sulawesi itu.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris DP sebagai salah satu penggagas kegiatan menyampaikan alasan digelarnya pagelaran budaya yang menampilkan berbagai proferti situs megalitikum itu. Menurut mantan Deputi LAN Jakarta ini, event tersebut sebagai upaya pemajuan kebudayaan pulau Sulawesi. Sulbar sendiri sebagai provinsi termuda di kawasan regional masih perlu belajar tentang pemajuan kebudayaan yang sudah lebih berkembang di provinsi lain.

"Kita ingin membangun sebuah kebersamaan, kebanggaan dalam satu Sulawesi dalam sebuah festival yang mentautkan tema yang juga ingin kita wujudkan bersama, yaitu satu Sulawesi satu Indonesia," kata Idris.

Tarian kolosal menampilkan kostum daerah tujuh Provinsi se-kawasan pulau Sulawesi di malam pembukaan Celebes Heritage Festival. [Foto: Gie/masalembo.com]


Ia mengatakan, Celebes Heritage Festival yang perdana digelar di Majene sebagai sebuah gagasan gotong royong pemajuan kebudayaan. "Pemajuan kebudayaan ini tidak bisa dilakukan hanya oleh satu provinsi, hanya satu kabupaten, tetapi yang bisa dilakukan adalah bagaimaina mengikat kebudayaan yang kuat itu dengan membangun apa yang disebut dengan gotong royong kebudayaan," ucap Idris.

Sementara, Pj Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh yang juga menyempatkan diri hadir, menyampaikan kekagumannya atas terwujudnya sebuah gagasan besar kebudayaan Celebes Heritage Festival (CHF) yang dihadiri ribuan pengunjung. Ia mengatakan, CHF bukan saja hanya momen pertunjukan sebagai upaya melestarikan jejak-jejak peradaban manusia tetapi akan menjadi media penggerak ekonomi kawasan regional Sulawesi. Karena itu kata dia momen ini tidak boleh cukup sampai di sini tapi harusnya berkelanjutan di setiap tahunnya. 

"Bapak-bapak, ibu-ibu, ini perlu dilanjutkan, mari tahun depan kita besarkan lagi," ujar Zudan.

Pada pembukaan Celebes Heritage Festival ini, hadir perwakilan tujuh Provinsi se-Sulawesi. Selain itu hadir pula sejumlah perwakilan Kabupaten/Kota, diantaranya Pemkot Makassar yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Pemkab Bone yang juga diwakili Asisten Administrasi Umum, Pemkab Sidrap yang dihadiri Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Pemkab Morowali yang diwakili Kabid Kebudayaan, Pemkab Sigi diwakili Staf Ahli, serta Pemkab Konawe yang diwakili Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Selain itu, hadir pula pihak Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XVII Sulawesi Utara-Gorontalo, Wilayah XVIII Sulawesi Tengah-Sulawesi Barat, dan wilayah XIX Sulawesi Selatan-Sulawesi Tenggara, serta dari pihak Kementrian hadir Direktorat Perfileman Musik dan Media dan Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek Republik Indonesia. (Har/red)

comments