-->

Hot News

Pasutri Terjebak di Hutan Selama 2 Hari Berhasil Dievakuasi ke RSUD Mamuju

By On Senin, Desember 04, 2023

Senin, Desember 04, 2023

Korban dievakuasi ke ambulans untuk dibawa ke RSUD Mamuju. [Devis untuk masalembo.com]


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Pertolongan dramatis pasangan suami istri Kaco (50) dan Icci (44) membuahkan hasil. Mereka berhasil dievakuasi dari dalam hutan setelah terjebak selama dua hari. 

Kejadian ini Minggu (3/12/2023) malam setelah Busman, kerabat anak korban, melaporkan kehilangan kontak dengan kedua orang tersebut.

Segera setelah laporan diterima BASARNAS Mamuju meluncurkan tim rescue dari Kansar Mamuju dengan 5 personel terjun ke lapangan. Mereka membawa perlengkapan evakuasi seperti tandu, alat pelindung diri (APD), dan peralatan medis yang dibutuhkan.

Kondisi hujan deras dan aliran sungai yang membesar menjadi tantangan berat bagi tim rescue dalam menjangkau pasutri tersebut. 

Setelah beberapa upaya, tim berhasil menemukan Ibu Icci dalam keadaan lemas di sebuah pondok, mengalami sesak nafas dan kekurangan logistik di dalam hutan di pengunungan Botteng Utara, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Proses evakuasi semakin rumit dengan kekurangan peralatan, namun komandan tim SRU berhasil menghubungi Call Center BASARNAS Mamuju untuk menambah personel dan logistik yang diperlukan. SRU tambahan tiba dengan peralatan mounteneering guna mendukung transfer evakuasi.

Tim SAR melakukan proses evakuasi dengan tekhnik slove evakuasi, tandu Korban sudah dipasangkan dengan sistem dan melewati sungai besar tadi. [Devis untuk masalembo.com]

Dua tim rescue bergabung dalam upaya penyelamatan. SRU II tiba di lokasi rute masuk hutan, memasang system tyrolean di jalur sungai yang sulit dilewati korban. Tim rescue akhirnya tiba di pondok korban dan memberikan pertolongan medis serta asupan makanan.

Komandan BASARNAS Mamuju, Devis, mengatakan, proses evakuasi dimulai dini hari, Senin (4/12) dengan peran warga dan tim rescue dalam menandu Icci keluar dari hutan. Setelah melewati rute yang dipersiapkan dengan cermat, Icci berhasil dievakuasi ke RS Daerah Mamuju.

Pada pukul 05.12 WITA, proses evakuasi sudah berjalan kurang dari 3 jam, dan pukul 06.00 WITA korban masuk ke ambulance dan dibawa ke RS Daerah Mamuju. 

"Korban telah kita temukan dalam keadaan selamat dan telah kita evakuasi. Korban ditemukan kurang lebih 4 km dari titik awal memasuki jalur area hutan,” ucapnya.

Devis, komandan tim rescue, menyatakan kelegaannya bahwa korban ditemukan dalam keadaan selamat. Dia mengungkapkan rasa terima kasih kepada unsur SAR Gabungan serta masyarakat yang turut membantu proses penyelamatan ini. (Har/Ril)



comments