-->

Hot News

Webinar Nasional APPI Sulawesi: Memperingati Hari Disabilitas Internasional

By On Selasa, Desember 26, 2023

Selasa, Desember 26, 2023


MAKASSAR, MASALEMBO.COM - Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) Wilayah Sulawesi menggelar acara webinar nasional bertajuk "Road To Munas APPI" sekaligus untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional.

Tema utama kegiatan ini yakni "Penguatan Peran Pusat Layanan Disabilitas Untuk Mengoptimalkan Potensi Mahasiswa Disabilitas di Perguruan Tinggi Inklusi."

Acara tersebut digelar pada hari Sabtu, 23 Desember 2023 dari jam 08.30 hingga 15.30 Wita melalui platform Zoom Meeting, dan gratis bagi seluruh peserta.

Salah satu keistimewaan acara ini adalah penyediaan Juru Bahasa Isyarat (JBI) untuk memastikan partisipasi yang lebih luas, termasuk bagi peserta dengan disabilitas rungu atau tuli.

Dibuka secara resmi oleh Dr. Weny Savitry S. Pandia, M.Si., Psikolog, Ketua Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia, acara ini dikoordinir oleh Eva Meizara Puspita Dewi,S.Psi.,M.Si., Psikolog dan seorang Dosen Psikologi dari UNM. 


Empat narasumber hebat diundang untuk memberikan inspirasi kepada para peserta, yakni:

1. Rofah, S.Ag., BSW, MA, Phd (Tim Perumus UU disabilitas, Anggota IDPP, dan Project Manager INDOEDUCALL)

2. Zubaidah Ningsih, S.Si., M.Phil. Phd (Kepala UPT PSLD Univ. Brawijaya Malang)

3. Prof. Dr. Frieda Mangunsong, M,Ed (Dewan Penasehat APPI Pusat, Guru Besar Fakultas Psikologi UI)

4. Dr. Didi Tarsidi, M.Pd (Pensiunan Dosen Pendidikan Khusus Universitas Pendidikan Indonesia).

Ketua Panitia Kegiatan, Eva Meizara Puspita Dewi mengatakan, sebanyak 240 peserta bergabung dalam acara ini. Mereka terdiri dari:

Pengelola ULD di Kampus Inklusi: 25 orang, berasal dari 18 perguruan tinggi yang berbeda, mahasiswa disabilitas: 37 orang dari 19 perguruan tinggi yang berbeda, serta masyarakat Umum: 178 orang dengan beragam latar belakang profesi seperti dosen, psikolog, konselor, penulis, guru, relawan disabilitas, dan orang tua.

"Alhamdulillah kegiatan berlangsung lancar dan peserta menunjukkan antusiasme tinggi, mereka mendapatkan pencerahan dari para narasumber yang menginspirasi," ujar Eva.

Ia berharap akan dapat kembali bertemu di Seri 3 Inklusi di Perguruan Tinggi. (Har/red)





comments