-->

Hot News

TPKD Inspektorat Serahkan 56 Temuan Hasil Pemeriksaan ke MPPKD

By On Kamis, Januari 18, 2024

Kamis, Januari 18, 2024

Inspektur Inspektorat Pemprov Sulbar, M. Natsir [ist/awal]


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Tim Penyelesaian Kerugian Daerah (TPKD) Pemprov Sulbar menyerahkan 56 temuan hasil pemeriksaan ke Majelis Pertimbangan Penyelesaian Kerugian Daerah (MPPKD), Rabu (17/01/2024).

Hadir di kesempatan itu Kepala Inspektorat Sulbar M Natsir, Kepala Bidang Akuntasi BPKPD, Sekretaris Inspektorat, dan Anggota TPKD lainnya. Penyerahan digelar di Ruang Rapat Inspektur gedung Inspektorat Pemprov Sulbar komplek Kantor Gubernur.

Penyerahan tersebut tertuang dalam salinan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulawesi Barat Nomor 651 tahun 2023.

Kepala Inspektorat Sulbar M.Natsir mengatakan, tim TPKD sudah menindaklanjuti dan menyerahkan temuan kerugian daerah. 

"Kemarin kita sudah serahkan 56 temuan kerugian daerah ke MPPKD. Selanjutnya kita menunggu tindaklanjutnya," kata Natsir pada Kamis 18 Januari 2024.

Selanjutnya, tim dari Inspektorat menunggu hasil verifikasi dari MPPKD apakah sudah diterima atau masih ada mau perbaikan.

"Nantinya akan kita lanjuti jika ada kekurangan yang disampaikan. Kita minta secepatnya karena sudah dalam perjanjian kita bersama BPK," tambahnya.

Apalagi, sambungnya, yang ingin dicapai dari proses ini adanya pengembalian kerugian keuangan daerah sekaligus untuk meningkatkan penerimaan daerah.

"Jadi kita mempercepat proses penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan khususnya pemeriksa eksternal (BPK). Ini adalah langkah awal tim TPKD bekerja dan melakukan aksi, tindak lanjut hasil pemriksaan ini seperti benang kusut sehingga kita tidak tahu pasti bagaimana mengurainya," ungkapnya.

Sehingga dengan langkah-langkah ini, kata Natsir, benang kusut tersebut bisa sedikit demi sedikit bisa diurai.

"Kita berharap tim TPKD dan MPPKD melakukan kolaborasi dan sinergi agar dapat maksimal dalam menyelesaikan permasalahan tindak lanjut hasil pengawasan," harapnya.

Dia menambahkan, dalam Proses pelaksanaan tentu ada kekurangan kekurangan, namun begitu ada kendala atau hambatan. "Makanya kita akan segera melakukan perbaikan dan mencari solusi untuk penyelesaiannya," tandasnya. (Ril/wal)

comments