-->

Hot News

Pemda Hibahkan Dana Rp 5,5 Miliar ke Polres Buteng untuk Pengamanan Pilkada

By On Rabu, April 03, 2024

Rabu, April 03, 2024



Pj Bupati Buteng, Andi Muhammad Yusuf (ketiga dari kiri) dan Kapolres Buteng, AKBP Yanna Nurhandiana (ketiga dari kanan) usai penandatanganan NPHD antara Pemda Buteng dan Polres Buteng.

BUTON TENGAH, MASALEMBO.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Tengah (Buteng) Provinsi Sulawesi Tenggara menghibahkan anggaran sebesar Rp 5,5 miliar rupiah kepada Kepolisian Resort (Polres) Buton Tengah.

Anggaran tersebut dihibahkan Pemda Buteng kepada pihak Polres dalam sebuah kesepakatan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang ditandatangani oleh Pj Bupati Buteng, Andi Muhammad Yusuf dan Kapolres Buteng, AKBP Yanna Nurhandiana.

Dalam kesempatan itu, Andi Muhammad Yusuf mengungkapkan anggaran Rp 5,5 miliar yang dihibahkan itu merupakan pendanaan untuk pengamanan pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung pada tahun ini. Anggaran tersebut kata Andi Yusuf bersumber dari APBD Buteng.

"Kegiatan ini (penandatanganan NPHD) kepada institusi yang bertugas dalam menjaga keamanan pelaksanaan pilkada itu dilakukan sebagai bentuk dukungan sinergitas pemerintah daerah untuk bersama-bersama mengawal dan menyukseskan pelaksanaan pilkada 2024 yang saat ini mulai berjalan," ujar Andi Muhammad Yusuf, Selasa (2/4/2024).

Pejabat teras Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini menambahkan sudah menjadi sebuah kewajiban bagi pemerintah daerah dalam mendukung kelancaran pelaksanaan pemilihan kepala daerah dengan mengalokasikan anggaran kepada pihak-pihak terkait seperti institusi Polri.

"NPHD untuk pelaksanaan Pilkada di Buton Tengah sudah clear semua. Pemda bersama seluruh stakeholder, KPU, Bawaslu dan TNI/Polri insya Allah kita akan mengawal semua apa yang menjadi  
amanat undang-undang bahwa kita semua berkewajiban untuk mengawal ini dengan baik, dengan lancar seaman-amannya," jelas Andi Yusuf.

Orang nomor satu di daerah berjuluk Negeri 1.000 Goa ini berharap agar anggaran yang telah dihibahkan tersebut dapat digunakan sebaik-baiknya sehingga kondusifitas wilayah dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Buton Tengah dapat berjalan aman dan damai sesuai dengan yang direncanakan.

Ditemui usai penandatanganan NPHD, Kapolres Buton Tengah, AKBP Yanna Nurhandiana memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah atas dukungan anggaran dalam kegiatan pengamanan pilkada 2024 yang akan berlangsung di wilayah pecahan Kabupaten Buton ini.

"Saat ini situasi Kamtibmas di wilayah Buton Tengah tetap kondusif. Kita tentu berupaya agar keadaan yang kondusif ini dapat terus terjaga. Kedepan ini kita akan menghadapi pemilihan kepada daerah tentu kita berharap agar jalannya proses tahapan dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun," kata Kapolres Buteng.

Terkait pengamanan Pilkada, serta dalam mewujudkan suasa keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif pihaknya akan mengerahkan 150 hingga 200 orang personil. Polres Buteng juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Polda Sultra jika sewaktu-waktu membutuhkan personil tambahan dalam pengamanan Pilkada Buteng.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesbangpol Buton Tengah, La Ode Abdullah, menyampaikan NPHD bersama unsur penyelenggara (KPU-Bawaslu) dan keamanan (TNI-Polri) telah usai dilakukan serta pencairan dana hibah daerah sudah berjalan secara bertahap.

"Pendanaan Pilkada KPU Buteng sebesar Rp 26,5 miliar telah dicairkan 100 persen. Untuk anggaran Bawaslu Rp 8,5 miliar sudah mencapai 40 persen pencairan. Kemudian Polres Rp 5,5 miliar dan Kodim Buton Rp 1,2 miliar dalam waktu tidak terlalu lama lagi akan dicairkan," pungkasnya (Adv).

Penulis : Muhammad Al Rajap

comments