Sandiaga ke Sulbar: Banyak Ibu-ibu Mengeluh Banyak Utang

On Sabtu, November 03, 2018

MASALEMBO.COM

Sandiaga Uno bersilaturrahmi di Matakali, Polewali Mandar (Asrianto/masalembo.com)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Polewali Mandar, Sabtu (3/11). Sandi menyempatkan diri berwisata religi ke makam ulama kharismatik tanah Mandar, KH. Muhammad Tahir di Desa Lapeo, Kecamatan Campalagian. 

Sandiaga tiba di masjid Nurut Taubah, lokasi makam KH. Muhammad Tahir, sekira pukul 09:30 Wita. Sebelum ke makam KH. Muhammad Tahir atau yang lebih dikenal Imam Lapeo, Sandi menggelar shalat duha.

Sandiaga Uno mengatakan, ia sangat bersyukur karena mendapat kesempatan bisa berziarah dan shalat Duha di masjid Nurut Taubah K.H. Muhammad Tahir Imam Lapeo. Ia mengatakan, umat di sekitar dapat berkembang karena berkah wisata religi.

Di sekitar masjid, Sandi bahkan sempat mencicipi kue khas Mandar yang terbuat dari olahan buah pisang, namanya 'Burongko'.

"Ini adalah usaha yang bisa kita kembangkan kedepan untuk membuat ekonomi bisa bergerak dan bangkit lagi," ujarnya.

Sandi menilai, masyarakat Sulbar sangat ramah, antusias dan bisa menerimanya kehadirannya. Ia berharap 2019 mendatang, ada kebijakan pemerintah agar bisa membangkitkan ekonomi agar lebih stabil. "Kedepan agar pedagang dan pengusaha kecil, bisa berbazis ekonomi kerakyatan," tutur mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini.

Kedepan mantan Direktur PT Saratoga Investama Sedaya ini mengaku, jika terpilih di Pilpres, dirinya akan memperkenalkan dan menerapkan gerakan ekonomi rakyat (Gerak) satu kota/kabupaten satu center entrepreneurship (OK OCE). Kata dia, satu pusat kewirausahaan pendampingan akan memberikan kemudahan perizinan pemasaran dan permodalan kepada pelaku insdustri pemula agar mereka tidak lagi mencari lapangan kerja tapi membuka sendiri lapangan kerja.

"Kita harus dorong industri berbazis  pengolahan, kita disini ada penghasil coklat dan sawit. Kita ingin ada merek ternama dari sini produk tersendiri," katanya sambil bergegas menuju mobil.

Usai berziarah makam Imam Lapeo, Sandi menuju kediaman Ketua DPD Partai Gerindra Sulbar Andi Ruskati Ali Baal di Matakali. Sandi akan bertemu dengan ratusan emak-emak yang sedari pagi menunggu.

Di tempat itu, Sandi berjanji akan mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) agar mereka (emak-emak) bisa membuka lapangan kerja dan bergerak dengan ekonomi kerakyatan.

"Tadi ibu-ibu banyak mengeluh dan banyak utang, katanya mereka meraskana kesulitan ekonomi," kata Sandi.

Sandi optimis, Sulbar akan berkembang lebih cepat, sebab pembangunan tinggal perlu sentuhan. Meski ekonomi belum dirasakan namun sudah tumbuh rata-rata di atas nasional. "Jadi kita harus gunakan kesempatan membangun industri di sini," pungkasnya.

Rencananya, Sandiaga akan membangun secara masif tiga industri pengolahan yakni kelapa sawit, coklat dan pertanian lainnya.

"Nanti pemerintahan Prabowo-Sandi kita hadirkan lapangan kerja yang lebih terjangkau. Karena saya lihat, kita harus membangun ekonomi yang bisa membangun lapangan kerja yang menggeliat di Sulbar," jelasnya.

Usai pertemuan di Polman, Sandi kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Pinrang dan Pangkep. Sesuai agenda, cawapres usungan Partai Gerindra ini akan mengakhiri lawatannya ke Sulawesi dengan ngopi bareng dengan kaum millenial di Pasar Segar, Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan. (ant/har)

comments