-->

Hot News

Relasi KPU Mamuju Sosialisasi Kepemiluan di Pinggiran Kota

By On Senin, Februari 25, 2019

Senin, Februari 25, 2019

Tim relasi KPU Mamuju melakukan sosialisasi tata cara pencoblosan (Foto: Awal S/masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Relawan Demokrasi (Relasi) sebagai perpanjangan tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) gencar mensosialisasikan penyelenggaraan kepemiluan khususnya terkait teknis penggunaan hak pilih.

Seperti hari ini Senin (25/2/2019) Relasi menyasar sejumlah titik di Kecamatan Mamuju, mulai pusat keramaian hingga ke pinggiran kota yang masih minim akses telekomunikasi maupun pengetahuan akan kepemiluan.

Koordinator Relasi Kecamatan Mamuju, Darmawi mengungkapkan, sasaran sosialisasi di wilayah pinggiran di kecamatan Mamuju ini dimaksudkan agar masyarakat paham tentang jenis surat suara dan ketentuan-ketentuan terkait kepemiluan.

"Kami Relasi KPU Kecamatan Mamuju akan terus menyasar daerah pinggiran sebagai basis pegguna hal pilih yang tingkat pengetahuan akan kepemiluan masih kurang, diantaranya ialah pengetahuan akan warna surat suara, jumlah surat suara maupun pengetahuan akan sah dan tidaknya surat suara yang telah dicoblos nanti," ungkap Darmawi, Senin.

Wilayah sosialisasi yang disasar oleh Relasi Kecamatan Mamuju diantaranya Dusun Batu Pannu, Bonepantai, Rante Lempong, Takaorangan, Panggalo, Panuntungan, Batupapan, Taruminding dan Dusun Tapodede.

Selain itu juga telah menyasar bebera lingkungan seperti Tamasapi, Danga, Sangkurio dan Kadolang.

"Kedepan kami akan melakukan sosialisasi di dusun-dusun yang ada di wilayah pulau Karampuang serta dusun-dusun pinggiran di wilayah Kecamatan Mamuju yang masih belum terakses oleh pengetahuan kepemiluan," tambah Darmawi.

Selain sosialisasi tentang kepemiluan, kehadiran Relasi KPU Kecamatan Mamuju di wilayah pinggiran juga diharapkan dapat menekan tingkat penyebaran berita hoax terkait penyelenggara pemilu dan praktik politik uang yang marak terjadi jelang hari pencoblosan. "Ini sekaligus sebagai penyambung informasi keluhan masyarakat terkait penyelenggaraan kepemiluan," pungkas Darmawi

Diharapkan, dengan sosialisasi tersebut Pemilu serentak untuk memilih calon legislatif DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Presiden serta Wakil Presiden yang kian dekat waktu pelaksanaannya di tanggal 17 April 2019 nanti dapat sukses terselenggara dengan baik. (awl/har)

comments