-->

Hot News

Tuntutan Masyarakat Meningkat, Dokter Diminta Cermat Berkomunikasi

By On Sabtu, Mei 12, 2018

Sabtu, Mei 12, 2018

Ketua IDI Wilayah Sulselbar dr. Muhammad Ichsan, MHM (kanan) memberikan ucapan selamat kepada Ketua IDI Cabang Majene disaksikan Asisten II Ir. Iskandar (Foto: Humas Setda Pemkab Majene)
MAJENE, MASALEMBO.COM - Seiring perkembangan dan inovasi kedokteran tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan juga kian meningkat. Hal tersebut mengharuskan setiap dokter dituntut mampu berkomunikasi dengan baik kepada semua komponen masyarakat. 

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Sulselbar dr. Muhammad Ichsan Mustari, MHM saat menyampaikan sambutan pelantikan IDI Cabang Majene mengatakan, saat ini dokter diminta lebih komunikatif dan memahami kehendak masyarakat sesuai standar pelayanan yang ada.

"Kami sering ditanya wartawan tentang SPM (Standar Pelayanan Minimal, red). Saya sampaikan teman-teman kami di Rumah Sakit dan Puskesmas bekerja maksimal, cuman persoalan ekspektasi masyarakat sekarang semakin meningkat," kata dr. Ichsan, Sabtu (11/5).
Pelantikan Pengurus IDI Majene Periode 2017-2020 (Foto: Humas Setda Pemkab Majene)
Muhammad Ichsan mengatakan, meningkatkan ekpektasi masyarakat saat ini didorong oleh perkembangan teknologi yang kian pesat. "Kalau mau liat standar-standar pelayanan, kan tinggal di-google oleh masyarakat," katanya.

Karena itu harapnya, setiap dokter harus mampu membangun komunikasi dengan pasien, menurunkan ego dan berusaha berkomunikasi apa adanya sehingga masyarakat bisa mengerti dan menerima apa yang disampaikan.

Sementara itu, Ketua IDI Majene yang baru, dr. Evawaty, M. Kes mengatakan, pihaknya siap mengembang amanah IDI sesuai ketentuan dan kode etik kodekteran. Ia juga mengatakan dukungan penuh terhadap visi dan misi Majene Profesional, Produktif dan Proaktif (MP3), khususnya di sektor kesehatan dan kedokteran.

"Kami sangat mengapresiasi program Majene Pofesional, Majene Produktif dan Majene Proaktif di bidang pembangunan kesehatan dengan terus berbenah meningkatkan kompetensi dan profesionalisme," kata Eva dalam sambutannya.

Evawaty menegaskan, sebagai nakhoda baru IDI Cabang Majene dirinya bersiap mengembang amanah dan mendukung langkah Pemkab Majene mewujudkan misi MP3. 

Untuk diketahui, Pelantikan Pengurus IDI Cabang Majene Periode 2017-2020 yang dilangsungkan di Ruang Pola Kantor Bupati Majene ini, turut dihadiri sejumlah perwakilan unsur Muspida lingkup Pemkab Majene. 

Bupati Majene Fahmi Massiara yang berhalangan hadir, diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangun Ir. H. Iskandar. Dalam sambutannya, Ir. Iskandar mengucapkan selamat kepada pengurus IDI Majene masa bakti 2017-2020. 

Di hadapan puluhan dokter, Iskandar menilai pelantikan ini adalah proses regenerasi sebagai tanda kemajuan organisasi. 

"Kami berharap, IDI mampu mengembangkan pelayanan kesehatan di Majene, sebab dokter memiliki peran sangat penting bagi masyarakat, bangsa dan negara," imbuh Iskandar. (har/red).

comments