-->

Hot News

Sekprov Sulbar: Saya Kaget Lihat Suasana Kerja OPD

By On Jumat, November 16, 2018

Jumat, November 16, 2018

Sekprov kunjungi OPD lingkup Sulbar (Foto Ilham/Kominfo)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Hari kedua menjalankan tugasnya selaku Sekprov Sulbar, Muhammad Idris langsung melakukan kunjungan ke  OPD lingkup Sulbar, Kamis 15 November 2018.

Namun, OPD yang dikunjungi baru yang berada di sekitar Sekretariat Daerah (Setda), seperti BKD, BPKPD, BPSDM, Biro Pemerintahan, Badan Kesbang Pol, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Ketahanan Pangan. 

Sekprov Muhammad Idris mengatakan, bahwa apa yang dilakukan tersebut bukan sidak, namun merupakan kunjungan untuk memastikan bagaimana suasana kerja dari ASN.

"Saya hanya ingin memastikan suasana kerja ASN, jadi ini kunjungan bukan sidak, saya katakan seperti itu sebab bukan lagi eranya membangun asumsi sidak ketika mendatangi OPD," terang Idris.

Berbicara mengenai kunjungannya , Idris melihat hampir seluruh OPD yang didatangi sebagian besar ASN-nya tidak berada di tempat padahal masih jam kerja.

Selain itu, juga ditemukan beberapa ruang kerja tidak memadai, bahkan terkesan sumpek serta beberapa plafon ruangan rusak.

Melihat kondisi seperti itu, Idris mengatakan, sangat  prihatin terhadap hal tersebut, sebab  tidak  representatif sebagai tempat kerja. 

"Saya merasa kaget karena beberapa tempat kerja yang saya lihat tidak reprsentatif, bukan hanya sempit, tapi cara penataan ruangan yang kurang memadai, seperti arsip-arsip yang disusun tidak sesuai proporsinya dan lainnya," tutur Idris 

Jadi kalau sudah seperti itu, lanjut Idris akan sangat berpengaruh terhadap cara kerja ASN dan kemudian dapat menghasilkan kinerja yang kurang baik. 

"Kalau suasana kerjanya tidak bagus, maka sulit untuk melahirkan  hasil kerja yang baik," tandas Idris.

Sedangkan, masalah banyaknya ASN yang tidak berada di tempat, Idris menyatakan, hal itu  merupakan indikasi bahwa ASN itu tidak disiplin. 

"Banyak saya lihat tidak berada di tempat, jadi ini suatu indikasi kalau mereka disiplinnya memprihatinkan, sebaimana yang disinyalir semua pihak kalau ASN disini tidak disiplin kerja dan tidak masuk kantor," ungkapnya.

Menyinggung adanya informasi dari BKD Sulbar, mengenai jumlah ASN yang tidak masuk kantor berdasarkan data per Agustus sebanyak 75 persen, sedangkan yang jarang masuk berjumlah 25 persennya. 

Menanggapi hal tersebut, Mantan Kepala LAN Makassar ini menjelaskan, ASN yang rajin masuk  kantor bukan berarti sudah disiplin,  sebab bisa jadi tidak  disiplin kerja. 
"Disiplin hadir  dan disiplin kerja itu beda, sehingga disiplin bukan hanya kehadiran saja, tapi juga dapat melakukan tugas-tugas secara rutin," tandasnya.

Untuk itu, agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan, maka Ia menegaskan, akan membuat kerangka strategis dalam menyelesaikan permasalan kedisiplin ASN, dimulai dari pimpinannya sampai ke staf. 

"Banyaknya bawahan yang tidak disiplin, berarti ada implikasi ke pimpinannya. Itu kita akan selesaikan sesuai aturan yang ada," Idris  menambahkan

Dalam Kunjungannya tersebut, Sekprov Sulbar Muhammad Idris didampingi Asisten Bidang Administrasi Djamila, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Muzakkir Kulasse,  Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Muhammad Hamzih. (rls/mhy/har).

comments