20 Hari Pasca Dilantik, Anggota DPRD Majene Ini Sasar Daerah Terpencil

On Senin, Oktober 07, 2019

MASALEMBO.COM

Muhammad Safaat saat menyampaikan sambutan di acara Musrenbang Desa Popenga Kecamatan Ulumanda. (egi/masalembo)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Kunjungan perdana pasca pelantikan 16 September lalu, anggota DPRD Majene Muhammad Safaat menyasar daerah paling jauh di Kecamatan Ulumanda. Anggota Fraksi Mammesa DPRD Majene ini mengunjungi Popenga, Sabtu (5/10/2019). Desa ini berada di perbatasan Kabupaten Majene dan Mamasa, Provinsi Sulbar.

Safaat hadir di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa di kantor Desa Popenga di Dusun Urekang.

Kepala Desa Popenga Muslimin saat menyambut kedatangan politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengatakan, mewakili seluruh warga Desa Popenga dirinya menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya atas kehadiran anggota DPRD Majene itu. "Baru kali ini ada anggota DPRD Majene yang hadir di acara Musrenbang kita hari ini," ucap Muslimin.

Kades Muslimin berharap, dengan kehadiran anggota DPRD di Musrenbang maka terjadi sinkronisasi program mulai dari desa hingga ke kabupaten. "Kalau nanti ada program kita yang tidak bisa didanai desa, kan bisa kita dorong ke Pemerintah Kabupaten Majene. Alhamdulillah hari ini ada anggota DPRD kita yang hadir, semoga beliau bisa kawal hasil-hasil Musrenbang kita," ucap Muslimin.

Hal senada disampaikan Safaat ketika menyampaikan sambutan. Dia mengatakan, sistem yang dibangun saat ini sudah cukup rapih, sehingga semua program harus melalui Musrenbang.


Muhammad Safaat (kiri) bersama Kepala Desa Popenga Muslimin (egi/masalembo.com)

"Saat ini semua dinas di Majene sudah memiliki renja (rencana kerja). Semua program di 2020 nanti sudah masuk dalam renja, jadi begitupun di desa, semua harus selesai di 2019 untuk program 2020, tidak ada lagi istilah program-program yang dimasukkan di jalan, tidak ada lagi proposal-proposal yang dititip ke DPRD," ucap alumni pasca sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN) Makassar ini.

Safaat mengatakan, hasil-hasil Musrenbang di Desa Popenga agar masyarakat tetap mengkawal ke kecamatan bahkan sampai ke kabupaten. "Kalau perlu ada delegasi yang dikirim ke kecamatan, ini agar bisa mengkawal ke kecamatan," pinta Safaat. 

Safaat berjanji akan ikut mengkawal usulan-usulan masyarakat yang disepakati dalam musyarawah perencanaan tersebut. (har/red)

comments