Gempa Bumi Beruntun Kembali Dirasakan Warga Mamasa Hari Ini

On Minggu, November 03, 2019

MASALEMBO.COM

Peta titik gempa direkam BMKG Wilayah IV Makassar. (Sumber: BMKG/Darmawan)


MAMASA, MASALEMBO.COM - Gempa bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat malam ini, Minggu (3/11/2019). Gempa ini terjadi dua kali dalam waktu yang hampir bersamaan.

Berdasarkan analisis BMKG gempa bumi yang pertama pukul 19:25 Wita, berkekuatan magnitudo 2.6 SR. Episenter gempa terletak pada koordinat 2.82 LS dan 119.41 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km utara Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa. Gempa pada kedalaman 5 km.

Sementara gempa bumi yang kedua terjadi pukul 19:27 Wita dengan kekuatan magnitudo 2.8 SR dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.85 LS dan 119.48 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4 km barat Kecamatan Tabang, Kabupaten, Mamasa, Sulawesi Barat dengan kedalaman 5 km.

"Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi dangkal. Gempa akibat aktivitas sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat episenter," ungkap Darmawan, Kepala BBMKG wilayah IV Makassar yang disampaikan via pesan WhatsApp.

Meski guncangan gempa dua kali dirasakan di wilayah Mamasa situasi tetaop kondusif. Warga tetap beraktivitas sepeti biasanya. 

Darmawan mengatakan, gempa bumi ini dirasakan di Mamasa II MMI. Pihak BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dan memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg). (fre/har)

comments