-->

Hot News

Di Sela Pelantikan Panwascam, Bawaslu Majene Peringati Hari Ibu

By On Senin, Desember 23, 2019

Senin, Desember 23, 2019

Tampak Komisioner Bawaslu Provinsi Sulbar Fitrinella dan anggota Bawaslu Majene di sela pelantikan Panwascam. (Foto: Misbah untuk masalembo.com)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Majene resmi melantik 24 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Senin (23/12/2019) di Aula Villa Bogor Leppe.

24 Panwascam ini tersebar di 8 kecamatan se Kabupaten Majene, diantaranya Banggae, Banggae Timur, Pamboang, Sendana, Tammerodo Sendana, Tubo, Ulumanda dan Malunda.

Namun, ada yang menarik di sela-sela pelantikan. Usai pengucapan sumpah dan penandatanganan fakta integritas Panwascam, Bawaslu Majene memanfaatkan waktu untuk memperingati hari ibu yang jatuh satu hari sebelum pelantikan Panwascam, 22 Desember 2019.

Meski diperingati dengan sederhana, Komisioner Bawaslu Provinsi Sulbar sekaligus kordinator wilayah Majene, Fitrinela Patonangi mengaku terharu. Sebab, ditengah dinamika perekrutan Panwascam dan tahapan Pilkada yang mulai padat, Bawaslu Majene masih menyempatkan waktu untuk memperingati salah satu hari istimewa bagi perempuan, yakni hari ibu. 

"Peringatan ini menandakan komitmen bersama bahwa Bawaslu tetap memperhatikan keterlibatan perempuan dalam penyelenggaraan Pilkada 2020," terang Fitrinela. 

Menurutnya, salah satu indikator kualitas demokrasi dan pemilu ialah pelibatan perempuan, bukan hanya sekadar pelengkap namun bisa terlibat secara aktif.

Ia mengungkapkan, peran perempuan dalam mensosialisasikan pelanggaran demokrasi berupa ujaran kebencian, politisasi SARA dan politik uang dapat dimassifkan bahkan mengambil bagian aktif dalam memutus mata rantai politik uang.

Untuk itu, dalam peringatan hari ibu tersebut, Fitrinela mengajak seluruh penyelenggara pemilu untuk membalas jasa dan pengorbanan ibu dalam mengasuh, membesarkan serta mendidik anak-anaknya, salah satunya dengan menjaga integritas sebagai penyelenggara.

"Kasih ibu sepanjang masa, meski tidak ada kebaikan yang bisa menandingi cinta dan kasihnya, setidaknya mari kita bekerja dengan penuh kesungguhan, dalam balutan integritas, profesionalitas, dan kredibilitas selaku pengawas kecamatan," ujarnya. 

Terakhir, ia mengucapkan selamat kepada seluruh pengawas kecamatan yang telah dilantik serta meminta agar amanah yang diemban dapat dibuktikan dengan kerja maksimal. 

"Kalian yang terpilih maka buktikan kerja kalian atas amanah tersebut," tegas Fitri. 

Ia juga menegaskan agar tetap menjaga kode etik dan perilaku penyelenggara pemilu dengan bekerja secara profesional dan independen. Sebab, kualitas Pilkada tidak terlepas dari integritas penyelenggara. (rls/red)


comments