-->
https://rajaview.id/l1zfvR2Icz3Zr9hvg4vbpSO76Foy6i8uVNn6HXHq

Hot News

Ketika Warga Ulumanda Angkut Motor Menyebrang Sungai

On Sunday, January 12, 2020

MASALEMBO.COM


Warga Popenga menyebrangkan motor mereka melewati arus sungai Makula Kecamatan Ulumanda. (Foto: M Saleh untuk Masalembo.com)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Seperti inilah penampakannya saat warga Desa Popenga Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene melewati sungai Urekang di kala musim penghujan. Para penduduk di sejumlah dusun harus berjibaku dengan air sungai yang tengah meluap agar bisa menyebrangkan motornya. Bukan main, warga harus mengangkut kendaraan roda duanya dengan kayu.

"Ini sungai Makula," kata warga setempat Muh Saleh, usai mengirimkan foto dan rekaman video miliknya ke awak masalembo.com, Minggu (12/1/2020).

Tidak adanya jembatan penyebrangan di sungai Urekang itu, seperti tampak dalam Video rekaman Saleh. Kondisi ini memaksa warga harus mengangkut motor mereka ketika penghujan tiba dan air sungai membesar. Ironinya, sungai tersebut harus dilewati setiap hari oleh penduduk dua desa untuk saling berinteraksi. 

"Tidak ada jembatan, ada dua desa selalu lewati sungai ini, Popenga dan Ulumanda," ucap Saleh ke awak masalembo.com

Wartawan media ini masih mencoba meminta komentar Kepada Desa Popenga maupun Ulumanda untuk keterangan Pemerintah setempat terkait ketiadaan jembatan di sungai Urekang tersebut. Sayang belum ada jawaban. 

Sementara, warga Desa Popenga, Saleh, berharap, pemerintah desa atau Pemkab Majene maupun Pemprov Sulbar segera membangun jembatan di sungai Urekang itu. Pasalnya, warga sangat membutuhkan untuk mobilisasi hasil-hasil pertanian dan sarana untuk mengakses daerah luar. 

Untuk diketahui, sungai Makula ini terletak di Desa Popenga Kecamatan Ulumanda. Sementara jalan yang dibelah sungai tersebut masih termasuk Poros Salutambung-Urekang yang merupakan jalan strategis Provinsi Sulawesi Barat. (har/red)

comments