Bersama Pemerintah Desa Perajurit TNI Ini Buka Pos Pencegahan Covid-19

On Sunday, May 17, 2020

MASALEMBO.COM

Perajurit TNI bersama aparat Desa Lilimori bejaga di Pos Pencegahan Penyebaran Covid-19. (Edison S/Masalembo.com)


PASANGKAYU, MASALEMBO.COM - Demi mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Desa Lilimori, Kecamatan Bulu Taba, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulbar, warga membuat pos palang, Minggu (17/5/2020).

Kegiatan penjagaan pos palang ini dilakukan Pemerintah Desa setempat, terdiri dari Sekertaris Desa Predi Ricus, Kepala Dusun Biai Syamsuddin, Kadus Lentera I Gede Gunawan dan satu prajurit TNI dari Kodim 1427 Pasangkayu Serda Haerul.

Serda Haerul saat diwawancarai oleh awak media ini mengatakan, hari ini di Desa Lilimori telah dibuat pos penjagaan demi mengantisipasi penyebaran Covid-19. Ia mengatakan bahwa keterlibatan dirinya dalam pos penjagaan Desa Lilimori merupakan upaya nyata TNI dalam membantu pemerintah baik di tingkat kabupaten maupun di desa dalam menangani dan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Kami prajurit TNI telah ditanamkan sikap pengabdian kepada bangsa dan negara. Olehnya itu bila berbicara soal keselamatan dan ketentraman masyarakat, TNI wajib melibatkan diri," pungkasnya.

Perketat Perbatasan

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 saat ini terus membuat kecemasan di tengah-tengah masyarakat. Maka untuk mengurangi rasa kekhawatiran, Kodim 1427 Pasangkayu melalui Koramil 1427-02 Randomayang menurunkan prajuritnya untuk berjaga di Pos penjagaan perbatasan antara Kabupaten Donggala Provinsi Sulteng dan Kabupaten Pasangkayu Prov Sulbar yang terletak di Kecamatan Sardjo. Hal ini guna mangawasi aktifitas masyarakat yang keluar masuk di perbatasan demi mengantisipasi sejak dini penyebaran Covid-19.

Adapun personil prajurit TNI yang diturunkan oleh satuan Kodim 1427 Pasangkayu dan menjadi bagian dari Tim Gugus Tugas (TGT), dua diantaranya yaitu Serda Nasrun dan Koptu Sunaryo Lago, Babinsa Koramil 1427-02 Randomayang.

Koptu Sunaryo Lago mengaku selain mengawasi aktifitas masyarakat yang lalu lalang, tim yang berjaga di perbatasan juga melakukan pengecekan suhu tubuh kepada siapa saja yang melintas.

"Tidak terkecuali, bagi siapa saja yang ingin melintas kami melakukan pengecekan suhu tubuh," ungkapnya, Minggu (17/5/2020).

Sunayo juga mengatakan, hal ini dilakukannya atas perintah atasannya demi memberikan rasa aman, nyaman dan tentram kepada masyarakat yang khawatir terhadap penyebaran Covid-19.

"Bagi kami TNI, memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat adalah yang utama," tuturnya. (*)

Laporan: Edison S
Editor: Abd Hafid

comments