Positif Covid-19 Polman Bertambah 5 Orang, Sulbar Catat 73 Kasus

On Wednesday, May 13, 2020

MASALEMBO.COM

Safaruddin Sunusi DM (ist)


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Polewali Mandar bertambah 5 orang. Dengan demikian jumlah kasus positif Polman kini jadi 22 orang. Sementara, total positif Covid-19 di Provinsi Sulawesi Barat tercatat 73 kasus.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sulbar Safaruddin Sunusi DM dalam rilisnya, Rabu (13/5/2020) petang menjelaskan, kelima tambahan kasus positif asal Polewali Mandar masing-masing yakni pasien 69 inisial MI, jenis kelamin laki-laki, umur 20 tahun. Saat ini menjalani isolasi mandiri dan dalam pengawasan Puskesmas dan Tim Gugus Covid-19 Polman. Riwayat, pasien 69 diketahui pernah melakukan perjalannan ke Pesanteren Temboro Magetan Jawa Timur dan tiba di Polman pada 18 April 2020.

Selanjutnya adalah pasien 70 inisial HAM, jenis kelamin perempuan, umur 51 tahun. Pasien tidak pernah melakukan perjalan ke daerah terjangkit Covid-19 namun dia kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi sebelumnya yakni pasien kasus 50 berinisial Mu. Saat ini pasien 70 diisolasi mandiri dan dalam pengawasan Tim Gugus Tugas Covid-19 Polman.

Berikutnya pasien 71 inisial HAR, jenis kelamin perempuan, umur 54 tahun. Pasien tidak perrnah melakukan kunjungan ke daerah terjangkit Covid-19 tetapi kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi sebelumnya yakni pasien kasus 50 inisial Mu. Pasien 71 saat ini sedang diisolasi dalam pengawasan Tim Gugus Tugas Covid-19 Polman.

Kemudian pasien 72 inisial SYL, jenis kelamin laki-laki, umur 50 tahun. Pasien tidak pernah ke daerah terjangkit Covid-19 namun kontak dengan pasien kasus 50 inisial Mu. Saat ini pasien 72 diisolasi di Polman dan dalam pengawasan Tim Gugus Tugas Covid-19.

Terakhir pasien 73 inisial MU, jenis kelamin laki-laki, umur 57 tahun. Pasien tidak pernah melakukan kunjungan ke daerah terjangkit Covid-19 namun kontak dengan pasien terkonfirmasi sebelumnya yakni pasien 50 inisial Mu. Saat ini pasien 73 diisolasi dan dalam pengawasan ketat Puskesmas dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Polman.

Untuk diketahui, dari lima kasus positif asal Polman hari ini, pasien 69 merupakan klaster Timboro Magetan Jawa Timur, sedangkan kasus 70, 71, 72 dan 73 adalah klaster Kandemeng, Kecamatan Tinambung.

Selain lima tambahan kasus dari Polman, Tim Gugus Tugas Covid-19 Sulbar juga mengkonfirmasi satu pasien positif asal Kabupaten Pasangkayu. Dia adalah seorang anak perempuan berinisial FT, umur 11 tahun. Pasien tersebut tercatat sebagai kasus 68. Ia diketahui pernah kontak erat dengan pasien yang punya riwayat perjalanan ke daerah terjangkit yaitu mengikuti ijtima Gowa di Sulawesi Selatan.

"Pasien kasus 68 saat ini isolasi mandiri dan dalam pengawasan Puskesmas dan Tim Gugus Pasangkayu," kata Safaruddin Sunusi DM.

Dengan demikian, maka hingga hari ini Sulbar mencatat 73 kasus positif virus Corona. Lebih lengkapnya sebagai berikut:

~ 4 orang dari Majene (1 orang sudah dinyatakan sembuh, 3 orang diisolasi di ruang karantina RS Regional Mamuju Sulbar).

~ 7 orang dari Mamuju (2 orang sudah dinyatakan sembuh, 5 lainnya diisolasi di ruang karantina RS Regional Mamuju)

~ 6 pasien dari Pasangkayu (1 orang sudah sembuh, 4 orang dirawat di RSUD Pasangkayu dan 1 tambahan hari ini)

~ 34 pasien asal Mamuju Tengah (1 orang sudah dinyatakan sembuh, 8 dirawat di RS Regional Mamuju, 2 dirawat di RSUD Kabupaten Mamuju Tengah, 22 orang dirawat di gedung karantina PKM Salugatta dan 1 orang meninggal dunia).

~ 22 pasien dari Kabupaten Polman (1 orang sudah dinyatakan sembuh, 13 orang dirawat di RSUD Polewali, 7 orang isolasi mandiri di kediamannya masing-masing dan dalam pengawasan Tim Gugus Covid-19 Polman, 1 orang meninggal dunia). (*)

Laporan: Tim Masalembo.com
Editor: Harmegi Amin

comments