-->

Penuhi Standar Minimal Perguruan Tinggi, Unsulbar Raih Akreditasi Baik

On Tuesday, September 01, 2020

MASALEMBO.COM

Tim akreditasi Unsulbar (foto: SPMI Unsulbar)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan peringkat akreditasi baik kepada Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar). Peringkat akreditasi baik ini menunjukkan kampus negeri pertama di Provinsi Sulbar ini telah memenuhi standar minimal perguruan tinggi.

Kepala Pusat Sistem Penjamin Mutu Internal LP2M Universitas Sulawesi Irfan Palalloi mengatakan, predikat akreditasi baik ini diraih Unsulbar sebagai sebuah institusi. Penilaian berdasarkan instrumen sembilan kriteria yang dipersyaratkan oleh BAN-PT.

"Jadi ini yang terbaru, dia (Unsulbar) terakreditasi baik berdasarkan instrumen sembilan kriteria yang dipersyaratkan," kata Irfan, Selasa (1/9/2020).

Menurut Irfan, peringkat akreditasi baik ini diraih Unsulbar sebagai sebuah institusi, bukan akreditasi jurusan atau program studi. "Akreditasi itu kan ada dua, ada akreditasi sebagai institusi dan akreditasi program studi. Nah yang paling penting itu sesungguhnya akreditasi program studi, karena itu yang digunakan oleh mahasiswa untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya," terangnya.

Irfan mengatakan, hasil yang diraih Unsulbar tersebut meski belum maksimal tapi patut disyukuri dan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang. Ia mengaku, bertekad untuk terus memperbaiki hasil akreditasi kampus merah maron tersebut.

"Kita sudah bentuk gugus tugas penjaminan mutu di masing-masing Fakultas, kita tidak mau lagi pakai asumsi masing-masing tapi harus memenuhi syarat dan kriteria," ujar dosen Fakultas Teknik Unsulbar ini.

Sekedar informasi, Unsulbar saat ini membina Tujuh Fakultas dengan 22 program studi. Sebanyak 19 program studi telah terakreditasi dengan sembilan instrumen kriteria baru, dua lainnya masih akreditasi lama dengan nilai C. Tujuh Fakultas di Unsulbar yakni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), Fakultas Pertanian dan Kehutanan (FAPERTAHUT), Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Peternakan (FAPETKAN). (har/red)

comments
close
Banner iklan disini