-->

46 Sekolah Rusak Terdampak Gempa, Dinas Pendidikan Harap Segera Diperbaiki

On Minggu, Januari 24, 2021

MASALEMBO.COM

Gedung Sekolah mengalami rusak berat terdampak gempa [ist/net]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Majene telah melaporkan dan mengusulkan perbaikan 46 sekolah yang rusak akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,2 yang mengguncang sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) pada Jumat 14 dan 15 Januari 2021 lalu. Namun hingga kini, masih banyak sekolah yang belum tersentuh perbaikan.

"Sudah dilaporkan secara berjenjang ke Pemerintah Provinsi melalui Disdikbud Sulbar dan Satuan Tugas (Satgas) Pendidikan yang sudah dibentuk di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata Kepala Disdikbud Majene Iskandar saat dihubungi, Senin (2/8/2021).

UPT tersebut, yakni Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (BPPAUD) dan Pendidkan Masyarakat (Dikmas) serta diusulkan melalui Lembaga Penjaminan Mutu dan Pendidkan (LPMP) Provinsi Sulbar.

"Tingkat kerusakan gedung sekolah tersebut meliputi rusak ringan, sedang, berat hingga roboh," ujarnya.

Iskandar mengatakan jika gedung sekolah yang rusak ringan mengalami keretakan pada sebagian bangunan, gedung sekolah yang rusak sedang yaitu sebagian bangunan rubuh, sekolah yang rusak berat mengalami kerusakan pada seluruh gedung seperti retak dan roboh serta semua gedung di sejumlah sekolah rubuh.

Pihaknya mengaku melakukan pendataan gedung sekolah yang rusak sejak hari ke-3 pasca gempa dengan cara melibatkan pihak sekolah untuk melaporkan kondisi bangunan sekolahnya. Mereka turun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi sekolah yang porak-poranda akibat gempa berkekuatan 5,9 dan 6,2 magnitudo.
 
Iskandar berharap gedung sekolah yang rusak hingga rubuh mendapat perhatian dan bantuan dari pemerintah pusat. Sejumlah sekolah sudah dalam perbaikan baik swasta maupun pemerintah. (Adv/Red)

comments