-->

Hot News

Sulbar Bangkit Bersama Relawan, Prof Kartini: Semoga Ada Berkah Dibalik Bencana

By On Minggu, Januari 24, 2021

Minggu, Januari 24, 2021

Ketua Tim Relawan Prof Kartini Idris, para relawan dan anak-anak. (Foto: Masalembo.com)


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Memasuki hari kesembilan pasca gempabumi bermagnitudo 6,2 SR yang mengguncang Sulawesi Barat, jumlah relawan penanganan gempa telah mencapai 112 lembaga. Total personil dilaporkan sekitar 1.928 orang. 

Para relawan menyasar berbagai sektor dalam penanganan gempa, diantaranya pencarian dan pertolongan korban, pendistribusian logisrik, air bersih, sanitasi, komunikasi, dapur umum, pemetaan, shelter serta kesehatan.

Koordinator relawan Sulbar Kartini Hanapi Idris mengatakan, sampai saat ini relawan telah melakukan  assesment terkait dengan sasaran sektor yang akan mereka ekseskusi lalu kemudian bersama rekan-rekannya melaksanakan kerja sosial di lapangan sesuai dengan bidang keahlian para relawan. 

“Saat ini kita punya relawan yang  berasal dari berbagai organisasi. Dengan jumlah personil hampir dua ribu orang. Hari kedua pasca gempa, satu persatu organisasi relawan sudah merapat ke Sulawesi Barat," kata Kartini, Minggu (24/1/2020).

Kartini menjelaskan, Mamuju sebagai titik posko induk relawan. Sasaran mereka variarif tergantung lembaganya. Misalnya Save The Children mereka fokus ke trauma healing untuk anak-anak, EMT IDI langsung menyasar pelayanan kesehatan bagi warga terdampak dan masih banyak lagi. 

"Pada dasarnya kita bersyukur ada relawan yang memiliki jiwa sosial untuk membantu penanganan gempa di Sulawesi Barat,” ujarnya.

Setelah mendapatkan penunjukan dari Deputi Pencegahan BNPB sebagai koordinator relawan Sulbar, istri Sekprov Sulbar ini langsung mengkoordinir para relawan serta menjadwalkan secara rutin pelaksanaan evaluasi giat relawan setiap hari, pukul 16.00 Wita di tenda relawan yang bertempat di jalan depan rumah jabatan wakil ketua DPRD Sulawesi Barat.

Walaupun dengan kondisi yang sempat shock akibat gempa pada dini hari Jumat (15/1), selaku koordinator, guru besar Unhas ini berkeyakinan bahwa Sulawesi Barat bisa bangkit segera bahkan berharap ada keberkahan yang bisa diperoleh dengan kehadiran relawan di Sulawesi Barat. 

“Ketika kita mampu mengelola dan memanfaat sumber daya para relawan dengan maksimal maka sungguh ini sebuah keberkahan bagi Sulawesi Barat. Khususnya Mamuju dan Majene. Mengapa? karena, di beberapa posko pengungsian itu telah tersedia tenda sekolah. Nah disana nanti anak-anak tidak hanya sekedar bermain tapi mereka dapat memperoleh edukasi dari relawan yang profesional, khususnya pendidikan karakter," ujar Kartini.

Kartini menilai, anak-anak bisa belajar tentang tanggung jawab, kejujuran, bersosialisasi serta kerja tim. Edukasi seperti ini, kata dia, kecil kemungkinannya didapat oleh anak-anak di kondisi yang normal dan formal. Tapi ketika rehabilitasi dilakukan dan dibarengi dengan edukasi seperti ini, maka pastinya proses tersebut dapat mengembangkan karakter anak-anak untuk bisa cepat pulih dan bangkit lalu menjadi modal bagi masa depan mereka. (Har/Red)

comments