-->

Tak Berpotensi Tsunami, Ini Himbauan BMKG Majene Pasca Gempa 5,9 Magnitudo

On Thursday, January 14, 2021

MASALEMBO.COM

Gambar peta gempa 5,9 magnitudo, Kamis, 14 Januari 2021. (Sumber: BMKG Majene)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Gempa berkekuatan 5,9 magnitudo mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Kamis, 14 Januari 2021 pukul 14.35.49 Wita. Getaran gempa dirasakan di sejumlah wilayah seperti Polewali Mandar, Mamuju, Mamasa hingga sejumlah daerah di Sulawesi Selatan.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo M=5,9, episenter gempa terletak pada koordinat 2,99 LS dan 118,89 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4 km arah Barat Laut Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km.

Berdasarkan rilis kantor BMKG Majene, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Kantor Badan Metereologi Klimatologi dan Geofika (BMKG) Majene menghimbau masyarakat tidak panik, tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Gempa teknonik ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

BMKG juga merekomendasikan agar warga menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang dapat membahayakan kestabilan bangunan.

BMKG mengajak warga memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (Har/Red)

comments