-->

Hot News

Dompet Dhuafa Sulsel Berbagi Makanan Berbuka untuk Penyintas Gempa di Majene

By On Jumat, Mei 07, 2021

Jumat, Mei 07, 2021

Relawan Dompet Dhuafa Sulsel saat membagi makanan buka puasa ke penyintas gempa di Majene [Foto: Mega Herdiyanti]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Bulan Ramadhan adalah bulan kebahagiaan bagi kita, karena Allah SWT memberikan berbagai limpahan kebaikan dan keutamaan di bulan suci ini, diantaranya terijabahnya doa, berlipat gandanya pahala, hingga hadirnya ibadah yang paling utama dan istimewa di bulan Ramadhan, yakni ibadah puasa. Tidak hanya amalan berpuasa yang mendapatkan pahala yang berlipat, namun memberi makan orang yang berpuasa pun mendapatkan kedudukan yang istimewa.

Sayangnya, di masa pandemi ini, kesulitan ekonomi masih menjadi masalah besar bagi banyak orang. Banyak orang yang kurang beruntung dengan keadaan saat ini dan membutuhkan pertolongan. Akan tetapi hal itu tidak menyurutkan terus berbagi kebaikan di bulan Ramadan. 

Berkenaan dengan hal tersebut, Kitabisa.com bersama Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan (DD Sulsel) melakukan gerakan kebaikan melalui paket berbagi buka puasa untuk para penyintas gempa Majene. Seperti yang diketahui tidak hanya masa pandemi yang dirasakan warga Sulawesi Barat namun juga bencana gempa yang melanda pada Januari awal tahun lalu yang memberikan dampak kehilangan bagi mereka baik itu pekerjaan maupun tempat tinggal.  

Sembari mereka menunggu rumahnya dibangun pulih kembali, para warga penyintas gempa sangat butuh uluran tangan semua pihak. 
Dompet Dhuafa Sulsel telah hadir membantu masyarakat terdampak gempa, melakukan pendampingan kepada warga yang berada di pengungsian Majene maupun yang di Mamuju sejak 15 Januari 2021. Begitu pula di momen Ramadhan, DD Sulsel bersama Kitabisa.com kembali memberikan bantuan berupa paket buka puasa untuk masyarakat di Majene.

Kegiatan bagi paket buka puasa adalah merupakan program rutin tahunan dari Dompet Dhuafa. Ratusan paket takjil dan nasi kotak dibagikan kepada masyarakat umum dan pengguna jalan itu diharapkan bisa membantu masyarakat yang sedang kesusahan di masa pandemi Covid-19. Namun kali ini berkat bantuan dari Kitabisa.com, DD Sulsel dapat menjangkau lebih banyak lagi penerima manfaat.


Koordinator program sosial dan kemanusiaan DD Sulsel Syarif mengatakan, bahwa kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah pada awal Ramadhan DD Sulsel mulai membantu warga untuk bahagia di bulan suci yaitu melalui program berbagi takjil dan ifthar. Kita menyasar bagi pengguna jalan dan masyarakat umum, seperti tukang ojek, penyapu jalan, tukang gerobak, dan tak luput juga para pengungsi yang berada di lokasi bencana," tuturnya.

"Kita berharap bisa membantu masyarakat dalam menyegerakan buka puasa serta membantu para penyintas yang sedang kesusahan di masa sulit pasca bencana dan juga di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini," tukas Syarif.

Dia menambahkan, pada Rabu (5/5/2021) DD Sulsel telah membagikan sekitar 100 paket. Bersama Kitabisa.com DD Sulsel akan menyalurkan 100 paket perhari dan targetnya 400 kotak paket buka puasa. Jadi penyaluran bantuan ini akan dibagi menjadi empat kali yaitu pada Ramadhan ke 23, 25, 27, dan 29 atau pada tanggal 5, 7, 9, dan 11 Mei 2021.

Penyaluran paket diberikan langsung kepada para pengungsi dengan bantuan para volunteer DD Sulsel yang berada di wilayah pengungsian yaitu di sekitar desa Sulai, Ulumanda dan di pengungsian desa Mekatta, Malunda. 

Selain itu, Dompet Dhuafa juga mendirikan Dapur Ramadhan di Desa Sulai, Kecamatan Ulumanda, Majene yaitu menyediakan menu berbuka puasa untuk warga yang masih bertahan di tenda-tenda pengungsian. (*)

*Mega Herdiyanti (Jurnalisme Warga)

comments