-->

Hot News

Ahmad Salsabil, Bocah 7 Tahun Si Penjual Jalangkote Keliling

By On Selasa, Juni 15, 2021

Selasa, Juni 15, 2021

Ahmad Salsabil (ist)


MATENG, MASALEMBO.COM - Ahmad Salsabil nama seorang bocah tujuh tahun ini. Ia rela keliling kampung menjajakan jalangkote untuk sekolah dan kebutuhan sehari-hari.

Diketahui bocah tersebut merupakan anak yatim piatu. Sekarang hidup bersama ibu Ma'mi, nenek angkatnya yang juga memiliki keterbatasan ekonomi.

Menurut Ahmad, pekerjaan itu ia lakukan untuk penuhi kebutuhan sekolah dan kebutuhannya. "Kalau ada hasilnya saya kasih ke nenek untuk disimpan. Beli baju dengan tas sekolah," kata Ahmad saat ditemui, Selasa (15/6/2021).

Di kediamannya yang hampir tak layak huni, Ibu Ma'mi mengatakan bahwa dirinya tak pernah memaksa Ahmad menjual jalangkote keliling. "Kami tidak pernah memaksa dia (Ahmad). Itu kemauan dia sendiri," ungkapnya.

Ahmad Salsabil (ist)

Kata Ma'mi dulu dia memang penjual kue di pasar, namun karena kondisi kesehatan terganggu akhirnya hanya bisa menjual di rumah. Namun karena kurang laku, Ahmad berinisiatif menjajakannya secara berkeliling.

"Bagaimana nek kalau saya bawa keliling jualanta, sekalian bantu nenek cari uang untuk penuhi kebutuhan sekolah saya, kata Ibu Ma'mi meniru kata-kata Ahmad saat pertama kali ingin berjualan keliling."

Meskipun tak seberapa hasil yang diperoleh Ahmad dari menjual jalangkote keliling, sebagai orang yang mengasuh Ahmad dari kecil, Ibu Ma'mi merasa bangga atas sifat kemandirian cucunya di usianya yang masih belia. 

Bercita-cita Jadi Tentara

Ahmad Salsabil yang kesehariannya keliling kampung menjajakan jalangkote ternyata memiliki niat yang sangat mulia.

Di umur yang terhitung masih sangat belia, ia memiliki cita-cita untuk menjadi tentara. Cita-cita jadi anggota TNI agar dia kuat dan dapat membantu neneknya.

Dijumpai di jalan saat menjajakan jalangkote, warga lorong Mandar Dua, Dusun Balata Tomene, Desa Topoyo, Kecamatan Topoyo ini mengaku bahwa dirinya menjual jalangkote keliling untuk membantu neneknya.

"Hasilnya saya kasih ke nenek untuk biaya sekolah saya," kata Ahmad dengan sedikit gugup

Diketahui Ahmad Salsabil bocah umur 7 tahun dia seorang anak yatim piatu yang sebelumnya diasuh oleh almarhumah Ibu Lela. Setelah Ibu Lela meninggal Ahmad kini tinggal bersama Ma'mi (nenek angkat Ahmad) yang merupakan orang tua dari Ibu Lela. (Sam/Red)

comments