-->

Hot News

Kabupaten Majene Sukses 6 Kali Pertahankan Opini WTP

By On Kamis, Juni 03, 2021

Kamis, Juni 03, 2021

Bupati Majene Lukman dengan Ketua DPRD Salmawati Djamado saat penyerahan LKPD tahun 2020 oleh BPK RI Perwakilan Sulbar secara virtual [Dok/Humas Setda Majene]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Pemerintah Kabupaten Majene kembali berhasil mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020. 

Predikat WTP tersebut berhasil diraih untuk keenam kalinya yang diumumkan secara resmi melalui penyerahan LHP yang digelar via zoom oleh BPK RI Perwakilan Sulbar, Kamis, 3 Juni 2021. 

Hadir bersama Bupati Majene, Ketua DPRD, Kepala BKAD, Inspektur Inspektorat beserta pimpinan OPD lainnya menyaksikan acara tersebut di Ruang Pola kantor Bupati Majene. 

Bupati Majene Lukman mengaku sangat bahagia atas pencapaian WTP keenam kalinya sesuai dengan target sekaligus menutup periode masa kepemimpinan Fahmi - Lukman di tahun 2021. 

Lukman berharap pencapaian positif tersebut menjadi warisan di masa transisi bagi pemerintahan selanjutnya.

"Kami bersyukur di tahun penutup periode ini kami mampu meraih WTP yang keenam kalinya sesuai target pemerintahan kami," terangnya. 

Selain Kepada BPK ia juga mengucapkan terima kasih kepada para OPD, kepala bagian dan camat yang telah mendukung dan memberi sumbangsi atas raihan tersebut.

Ketua BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat Hery Ridwan, SE, MM, Ak, CA, CSFA mengungkapkan rasa syukurnya. Kegiatan penyerahan pelaporan bisa terlaksana dengan baik meski kembali digelar secara virtual. Ia kembali menegaskan predikat WTP bukan jaminan jika tidak ada penyimpangan dan sebagainya mengingat ada kesalahpahaman mengenai makna WTP. Dimana predikat tersebut merupakan makna kewajaran atas hasil pemeriksaan yang disajikan dalam laporan. 

Selain itu dari ketiga kabupaten yang mendapatkan WTP di hari ini, tetap menjadi perhatian dan masih perlu mendapat perhatian. Ia mengucapkan selamat kepada tiga kabupaten yang telah berhasil mempertahankan predikat WTP dan tetap mendorong akuntabilitas transparansi keuangan daerah dan menjadi kebangaan yang patut dipertahankan.

"Opini WTP ini bukan satu-satunya tujuan dari pengelolaan keuangan. Yang penting agar pengelolaan senantiasa terlaksana dengan akuntabel, berkualitas dan bermanfaat untuk kepentingan kesejahteraan masysrakat," pungkasnya.

Ketua DPRD Majene Salmawati Djamado juga mengatakan tugas kedepean juga semakin berat, pandemi Covid 19 masih berlangsung bukan tidak mungkin recofusing anggaran masih akan terjadi. "Meski kami tidak berharap itu, tugas kita bersama mengoptimalisikan pendapatan daerah yang diharapkan bersinergi demi kemajuan dan kesejateraan masyarakat Majene," terangnya. (Hr/Red)

comments