-->

Meninggal Dunia di Malaysia, Organ Tubuh TKI Asal Polman Diduga Diambil

On Jumat, Desember 24, 2021

MASALEMBO.COM


Ilustrasi [Republika.id]


POLMAN, MASALEMBO.COM - Seorang TKI bernama Hamal Saidiman asal Desa Karama, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar meninggal dunia di Malaysia beberapa waktu lalu.

Kabar meninggalnya Saidiman diterima keluarga pada 1 Desember 2021. Jenazah diterima keluarga hari ini, Kamis (23/12/2021) dan langsung dimakamkan hari ini juga.

Namun dari foto yang diterima, kondisi jenazah TKI tersebut dalam keadaan terjahit di bagian perut. Keluarga mencoba mengkonfirmasi ke teman bekerjanya di Malaysia dan diperoleh informasi bahwa tubuh TKI tersebut sudah dibedah oleh pihak Rumah Sakit di Malaysia. 

Perusahaan tempat bekerja juga melarang keluarga membuka peti jenazah setiba di rumah duka. Alasannya semua proses pemulasaran jenazah telah dilakukan secara Islam berdasarkan keyakinan yang dianut TKI itu.

Namun, pihak keluarga menolak dan rencananya akan melaporkan ke pihak berwajib karena tak menerima tubuh TKI ini dibedah tanpa konfirmasi ke pihak keluarga. Keluarga menaruh curiga ada bagian organ tubuh TKI sudah tak utuh atau diambil.

Diketahui, Saidiman bekerja sebagai buruh kapal penangkap ikan di kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Selama bekerja disana keluarga mengaku aktif berkomunikasi dan tak pernah mengeluh sakit. 

Selain itu informasi yang diterima keluarga Saidiman meninggal karena sakit perut. Meninggalnya pun di kapal tempatnya bekerja. Setelah meninggal barulah ia dibawa ke RS di Kinabalu.

Keluarga TKI, Fadli, rencananya akan melaporkan ke pihak berwajib karena tak menerima organ tubuh TKI ini dioperasi tanpa konfirmasi ke pihak mereka. (*/Red)

*Penulis: Rahmah

comments