-->

Hot News

Kejari dan Pemda Majene Teken MoU Bidang Hukum dan TUN

By On Rabu, Januari 12, 2022

Rabu, Januari 12, 2022

Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara. Antara Pemerintah Daerah Kabupaten Majene dengan Kejaksaan Negeri Majene. [Foto: Prokompi Setda Majene]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Pemerintah Kabupaten Majene bersma Kejaksaan Negeri Majene menandatangani kerjasama bidang hukum perdata dan tata usaha negara (TUN). Kerjasama dituangkan dalam bentuk Memorandum Of Understanding (MoU) yang diteken, Rabu, 12 Januari 2022 di Ruang Pola Kantor Bupati Majene. 

Penandatanganan Mou dilalukan oleh Bupati Andi Achmad Syukri bersama Kajari Majene Nursurya, disaksikan Wakil Bupati, Kabag Hukum dan Kabag Kerjasama Setda Majene. 

Kajari Majene Nursurya menyebut kerjasama tersebut telah lama diwacanakan mamun karena kesibukan dan alasan lain sehingga baru bisa saat ini. Kerjasama tersebut kata Kajari merupakan salah satu implementasi fungsi Kejari sebagai Jaksa Pengacara Negara.  


Dikatakan, jaksa bisa mewakili pemerintah baik dalam posisi tergugat atau menggungat. Tujuannya untuk menjaga kewibawaan Pemerintah dan melindungi kepentingan masyarakat. 

Ia juga mengatakan ia siap membela kepentingan Pemerintah Majene, termasuk membantu menyelamatkan aset daerah yang dikuasai pihak ketiga yang belum dikembalikan kepada daerah. 

"Tiga tahun terkahir kami fokus membantu mengembalikan aset Pemda yang dikuasai oknum-oknum terntentu, silahkan bersurat dan berkoordinasi dengan kami, jika langkah preventif tidak berhasil maka kami akan upayakan melalui domain pidana khusus," ujar Nursurya.


Ia juga berharap kepada Pemda Majene untuk tidak berdiam diri karena masih banyak aset yang dikuasai sesuai laporan aset LHP BPK yang berpotensi melanggar perundang-undagan. 

Bupati Majene Andi Achmad Syukri berharap kerjasama tersebut dapat membantu proses terlaksanaya penyelesaian hukum baik di bidang perdata maupun tata usaha negara, khususnya dan pencegahan dan penyeleamatan keuangan dan kekayaan aset pemerintah. Kerjasama kata Syukri bisa berjalan dengan baik, tidak terbatas waktu satu tahun, menegingat manfaat dari kersama sama bukan hanya untuk pemerintah daerah dan Kejakasaan tapi juga manfaatnya untuk masyarakat.

"Saya mengapresiasi kerjasama ini, semoga bisa berjalan baik sehingga maksud dan tujuan kita melakukan pencegahan dan penyelamatan keuangan aset pemerintah bisa tercapai," ujar AST, sapaan karib bupati Majene itu. (Adv/Red)

comments