-->

Hot News

Kepala Kemenkumham Sulbar Akan Melakukan Pengawasan Kinerja Notaris

By On Kamis, November 03, 2022

Kamis, November 03, 2022



POLEWALI,MASALEMBO,COM-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Faisol Ali menyebut jajarannya bersama Majelis Pengawas Daerah dan Pengawas Wilayah Notaris akan terus bekerja keras melakukan pengawasan terhadap tugas dan fungsi Notaris di Sulawesi Barat.

Menurutnya, dalam memangku jabatan yang didaulat untuk mewakili Menteri Hukum dan HAM sebagai majelis pengawas Notaris, tidak boleh hanya dipahami sekedar memeriksa administrasi Notaris. 

“Tetapi majelis pengawas berwenang memantau tindakan notaris dalam rangka melaksanakan tugasnya,  memberikan kepastian dan perlindungan hukum kepada masyarakat sebagai pengguna jasa notaris dalam pembuatan akta autentik, serta peningkatan pengawasan kepatuhan terhadap pelaksanaan jabatan notaris” ujar Faisol Ali pada rapat koordinasi Majelis Pengawas Daerah dan Majelis Pengawas Wilayah Notaris di Hotel Sinar Mas Polewali Mandar, Kamis (3/11/2022). 

Ia menilai pemeriksaan protokol Notaris penting untuk dilakukan, dalam rangka mewujudkan kepastian, ketertiban dan perlindungan hukum bagi masyarakat.  

“Sejumlah kegiatan telah menyelesaikan pemeriksaan berkala protokol Notaris di seluruh wilayah Sulawesi Barat, yang merupakan langkah dalam menegakkan protokol notaris sesuai dengan peraturan perundang-undangan” pungkas salah satu Kakanwil Institusi Menkumham, Yasonna itu

Lebih lanjut Faisol Ali berharap seluruh Notaris dalam wilayah kerja Sulawesi Barat mematuhi apa yang telah diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan terkait, sehingga dalam menjalankan tugasnya, Notaris tidak melanggar aturan yang bisa jadi akan menempatkan notaris pada posisi yang tidak menguntungkan saat berhadapan dengan hukum.

“Untuk tahun ini, Majelis Pengawas Notaris telah menyelesaikan pemeriksaan terhadap 4 orang notaris yang dipanggil untuk dimintai keterangan dalam pemeriksaan Notaris, sebagai tindaklanjut atas laporan hasil pemeriksaan berkala yang dilakukan oleh majelis pengawas” tutur Kakanwil Faisol Ali 

Lebih jauh, Fasiol Ali berharap dalam menjalankan tugasnya, perlu mengedepankan prinsip penuh tanggung jawab, berintegritas, dan bersinergi antar seluruh unsur di dalamnya. 

“Karena, hal itu bisa dicapai jika bekerja sebagai “To Malaqbi”, dalam artian orang yang memiliki harkat dan kedudukan yang tinggi, yang dicerminkan dari sikap dan tindakannya, mala’bi pau (tutur kata yang sopan), mala’bi gau’ (bertingkah laku baik), mala’bi kedo (berprilaku yang baik). satu kata antara ucapan dengan perbuatan," tuturnya.(Awal Dion).

comments