-->

Hot News

Bahas Pilkades di Majene, Pj Gubernur Sulbar Temui Dirjen Bina Pemdes Kemendagri

By On Kamis, Juni 22, 2023

Kamis, Juni 22, 2023

Pj Gubernur Sulbar saat berkunjung ke Dirjend Bina Pemdes Kemendagri, Kamis (22/6/2023). [Foto: Kominfo Sulbar]


JAKARTA, MASALEMBO.COM - Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Eko Prasetyanto Purnomo Putro di Kantor Kemendagri Jakarta Selatan, Kamis, 22 Juni 2023.

Pertemuan tersebut dalam rangka membahas perkembangan desa di seluruh Indonesia dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Majene. 

"Dalam rangka Pilkades kedepan terjadi penundaan di Kabupaten Majene, tadi sudah dijelaskan oleh Pak Dirjen Pemdes, penundaan itu ada batasan-batasan waktu dan cara-caranya," sebut Zudan saat diwawancarai usai pertemuan.

Selain itu, dalam pertemuan juga membahas terkait Program Desa Kelurahan (Prodeskel) tentang data desa dan kelurahan yang menjadi program Kemendagri RI.

"Kita mendukung sekali bagaimana pengembangan data di Prodeskel yang akan dikembangkan secara masif di Sulbar nantinya," ujar Sekretaris BNPP RI itu.

Sementara, Dirjen Bina Pemdes Kemendagri RI Eko Prasetyanto Purnomo Putro mengemukakan, Pilkades dapat terlaksana jika digelar sebelum 1 November 2023. Jika terlaksana setelah waktu itu, tentu tidak dapat lagi dilakukan sebab telah memasuki rangkaian Pilkada serentak 2024 dan pemerintah daerah harus fokus pada rangkaian Pilkada.

Eko Prasetyanto mengingatkan para calon kepala desa bahwa proses Pilkades di daerah masih menyisahkan waktu sebelum 1 November 2023 kedepan. Untuk itu, Ia berharap waktu yang ada harus segera dimaksimalkan. 

"Kita harus ikut perintah dari pemerintah, di 2024 tidak boleh ada Pilkades dikarenakan sudah memasuki rangkaian Pilkada. Jadi Pilkades hanya bisa dilakukan di 2025 kedepan," tutupnya.

Turut hadir pada pertemuan itu, Plt. Kepala Penghubung Sulbar, Muji, dan Kepala Seksi  Protokol Penghubung Sulbar, Zulkifli. (Adv)

comments