-->

Hot News

Sosialisasi Student on Sandeq Digelar di Tiga Sekolah di Majene

By On Jumat, Agustus 04, 2023

Jumat, Agustus 04, 2023

Kegiatan Sosialisasi Student on Sandeq di salah satu sekolah di Majene. [Foto: Muhammad Irfan untuk Masalembo.com]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Kegiatan sosialisasi Student on Sandeq digelar di tiga sekolah di Majene, Kamis (4/08/2023). Tiga sekolah yakni SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 3 Majene. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta didik tentang cara mengoperasikan sandeq, serta memperkenalkan nilai kearifan filosofi perahu sandeq.

Sebagai aktifis maritim dan pemerhati sandeq, Muhammad Ridwan Alimuddin hadir langsung sebagai narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Student on Sandeq di sekolah-sekolah tersebut.

Antusiasme sekolah terlihat dalam kegiatan ini, bahkan para peserta didik perempuan mengaku sangat senang. Seperti yang diungkapkan oleh Syaidah, siswa SMA Negeri 1 Majene. Mereka sangat senang karena diberikan kesempatan untuk ikut serta dalam kegiatan ini.

Begitu pula Riswadi, staf di SMA Negeri 1 Majene. Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat besar, karena tidak hanya belajar secara teori, tetapi juga akan dapat langsung mengoperasikan sandeq. Pengalaman dari peserta sebelumnya juga telah ditularkan ke teman-teman lainnya sehingga menambah semangat para peserta didik.


Di SMA Negeri 3 Majene, seorang siswa asal pegunungan yang belum pernah melihat langsung bentuk sandeq, sangat senang dan ingin ikut serta dalam kegiatan sekolah sandeq. Kegiatan ini dianggap membuka ruang untuk mereka dalam bahan pembelajaran yang berbeda dari biasanya.

Sementara Randi, pelajar SMA Negeri 2 Majene, mengungkapkan rasa penasarannya untuk naik di atas sandeq sambil berlayar dengan cepat, karena ini merupakan pengalaman baru baginya.

Menyoal itu, H. Abd. Rahim, S. Pd., M.AP yang seorang guru di salah satu SMA yang terlibat, menyatakan bahwa kegiatan Student on Sandeq telah mendukung peningkatan etika dan karakter peserta didik, seperti keberanian, tangguh, percaya diri, dan disiplin, serta mengajarkan rasa syukur kepada Sang Pencipta ketika melihat luasnya laut.

Begitupun menurut Muslim AT yang seorang guru di SMA 2 Majene. Ia juga menyatakan dukungannya terhadap kegiatan ini. "Kegiatan ini akan memberikan pengalaman belajar yang tak terlupakan bagi peserta didik," ujarnya. (Ril/Har)

comments