-->

Hot News

Pekan Imunisasi Nasional Polio di Kabupaten Sumenep Dilaksanakan 2 Putaran

By On Senin, Januari 15, 2024

Senin, Januari 15, 2024

Bupati Sumenep saat menghadiri pekan Imunisasi Nasional. [Khairullah Thofu]


SUMENEP, MASALEMBO.COM- Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (Sub Pin) polio di Kabupaten Sumenep akan dilaksanakan 2 putaran yaitu, pada tanggal 15-21 Januari dan 19-25 Januari 2024.

Menurut Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, Sub Pin polio ini merupakan kegiatan vaksinasi atau imunisasi, yang bertujuan guna mencegah penyebaran virus polio kepada anak yang dilakukan secara serentak di Provinsi Jawa Timur.

"Sub Pin polio untuk melindungi anak-anak dari resiko terinfeksi virus polio yang dapat berakibat terhadap kelumpuhan permanen," ujarnya. Seni (15/01)

Langkah yang harus diambil salah satunya dengan mengintensifkan imunisasi pada anak. Perluasan cakupan dari imunisasi diharapkan dapat menciptakan kekebalan kelompok.

Sehingga dapat melindungi individu-individu yang rentan, termasuk bayi yang belum dapat dilakukan vaksinasi. 

"Ini untuk mencegah penyebaran virus polio secara lokal di Kabupaten Sumenep," jelasnya.

Tujuan-tujuan tersebut menurut Achmad Fauzi dapat dicapai hanya dengan kerjasama semua pihak, mulai dari pemerintah hingga masyarakat. Makanya selain vaksinasi Pemerintah Kabupaten Sumenep juga melakukan sosialisasi.

Supaya tercipta kesadaran di masyarakat, supaya masyarakat tidak khawatir ketika dilakukan vaksinasi terhadap anak-anaknya. Pihaknya juga meminta kepada seluruh tenaga medis yang ada di Kabupaten Sumenep untuk bekerja secara maksimal.

"Akan melibatkan, upaya menyeluruh untuk mencapai cakupan imunisasi yang luas di seluruh wilayah Kabupaten Sumenep," tandasnya.

Vaksinasi ini akan dilakukan menggunakan jenis vaksin, novel oral polio vaccine tipe 2 (nOPV2) dan akan diberikan sebanyak 2 tetes tiap anak. Vaksinasi ini menargetkan sebanyak 106, 815 anak di Kabupaten Sumenep dan akan dilakukan di beberapa tempat yaitu, Puskesmas, Posyandu dan sekolah (PAUD/TK/RA, SD/MI). (TH)

comments