-->

Hot News

Warga Polman Temukan Bayi di Semak, Berawal dari Suara Tangisan

By On Selasa, Februari 20, 2024

Selasa, Februari 20, 2024

Semak tempat penemuan bayi di lingkungan Koppe, Kelurahan Pekkabatta, Polewali Mandar. (Foto Rahma/masalembo.com)


POLMAN, MASALEMBO.COM - Kasus buang bayi kembali terjadi di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. 

Warga lingkungan Koppe, Kelurahan Pekkabata, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polman geger dengan penemuan bayi berjenis kelamin laki-laki di semak belakang sebuah rumah, Selasa (20/2/2024) sore.

Bayi dalam kondisi hidup itu tergeletak dibungkus karung dan ditutup seng ditemukan pada pukul 17.30 WITA. 

Kondisi bayi dipastikan dalam keadaan sehat dan dievakuasi ke RSUD Andi Depu Polewali untuk diberikan perawatan.

Warga yang pertama kali menemukan, Abdul Kadir, langsung memberitahukan warga lain. Setelah dicek bersama ternyata benar ada bayi laki-laki dibungkus karung. Bayi tersebut ditemukan masih bersama tali pusar, badannya juga kemerahan karena digigit semut. 

"Anak saya waktu pulang kerja mendengar suara bayi. Kemudian dia memberitahukan kepada saya dan warga lainnya, dilihat bersama-sama ternyata benar ada bayi," ujarnya.

Warga pun kemudian sepakat untuk menghubungi Dinas Sosial. Bayi tersebut dalam kondisi hidup, namun tetap mengecek kesehatan sekaligus mengevakuasinya. Selanjutnya diserahkan ke Dinas Sosial yang langsung membawa bayi laki-laki tersebut untuk dibersihkan. Setelah itu bayi laki-laki itu dibawa ke RSUD Andi Depu untuk mendapat perawatan.

"Untung bayi itu bisa segera ditemukan sehingga bisa diselamatkan. Temuan ini sudah kami laporkan ke polisi. Bayi sudah diperiksa dalam keadaan sehat," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Polman, Andi Sumarni, menjelaskan kondisi bayi normal dan sehat. Kini bayi sudah diberikan ASI dan perawatan.

"Jenis kelamin bayi laki-laki panjang 43 sentimeter, berat 1,9 kg, kondisi normal. Tali ari-ari sudah terputus dan diperkirakan baru lahir beberapa jam," tuturnya. (Rah/red)

comments