-->

Hot News

Presiden Jokowi Resmikan Bangunan SMK 1 Rangas Mamuju

By On Selasa, April 23, 2024

Selasa, April 23, 2024

Presiden Jokowi saat meresmikan gedung di SMK Rangas Mamuju, Selasa 23 April 2024. (Awal S/masalembo.com)


MAMUJU, MASALEMBO.COM – Presiden Joko Widodo mengunjungi SMK 1 Rangas di Jl Abdul Malik Pattana Endeng, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (23/04/2024).

Kunjungan kerja presiden dalam rangka memantau infrastruktur sekolah, yang telah direhabilitasi pasca gempa besar yang melanda Sulbar pada Januari 2021 lalu.

Kunjungan kali ini sekaligus dirangkaikan peresmian pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) pembangunan jalan daerah sepanjang 22,4 kilometer.

Peresmian ditandai menekan tombol sirine, oleh Presiden Jokowi bersama Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh dan Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa dia sempat berbincang dengan kepala sekolah SMK 1 Rangas Mamuju, Machmud.

Jokowi menyebutkan bahwa Kepala Sekolah mengatakan SMK 1 Rangas masih butuh tambahan infrastruktur yakni asrama.

Jokowi pun berjanji akan membangunkan asrama untuk SMK 1 Rangas agar anak-anak yang jauh bisa tinggal di asrama, sehingga tak lagi ngekos.

“Tadi kepala sekolah sebut banyak (siswa/siswi) yang tinggal jauh dari sekolah sehingga harus ngekos di sekitar sekolah, ya nanti akan kita bangun asramanya atas permintaan kepala sekolah, bupati, pak gubernur,” ulas Jokowi.

Dia juga menambahkan, untuk kendaraan praktek siswa dan siswi SMK 1 Rangas Mamuju, juga akan ditambah dengan pengadaan mobil. Presiden beralasan, sekarang sudah zamannya mobil dengan tenaga listrik.

“Ada juga mobil listrik untuk praktek akan saya kirimkan. Siang ini,” kata Jokowi yang disambut gemuruh para guru dan siswa serta siswi yang hadir.

Jokowi menambahkan, pasca gempa yang melanda Sulbar 2021 lalu, sebanyak 147 unit bangunan dan infrastruktur telah direhabilitasi dan rekonstruksi.

Terdiri dari 47 bangunan perkantoran, 29 fasilitas kesehatan, 43 fasilitas pendidikan termasuk di SMK 1 Rangas Mamuju, tujuh rumah susun hingga 17 sarana dan prasarana air minum.

“Ini menelan anggaran Rp 1 triliun dan Rp31 miliar,” ujar Jokowi.

Jokowi menyebutkan, rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur di Mamuju merupakan instruksi langsung darinya pasca gempa besar yang melanda pada Januari 2021 lalu.

“Ini dibangun, dan Alhamdulillah sudah selesai,” ujarnya.(wal/red)

comments