Kabar Haji: Satu Jemaah asal Mamuju Wafat di Arab Saudi

On Selasa, Agustus 20, 2019

MASALEMBO.COM

Ilustrasi (kumparan.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Seorang jemaah haji asal Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulbar dikabarkan meninggal dunia saat menjalankan rukun Islam kelima di Arab Saudi.

Jemaah tersebut bernama Hasna Samuara Samauna (69) warga di jalan jeruk, Kelurahan Binanga, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulbar. Ia merupakan anggota kloter 11 asal Mamuju yang berangkat pada, Minggu (21/7/2019).

Pihak keluarga menerima kabar jika Hasna telah wafat pada 16 Agustus 2019. "Infonya dari Hj Andi Neka yang juga sama-sama menunaikan ibadah haji," ujar keluarga almarhumah, Wardia, Selasa (20/8/2019).

Hasna berasal dari Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan sudah tujuh tahun menetap di Mamuju.

Menurut Wardia, ia bersama kelima saudaranya menunaikan ibadah haji bersama. Sebelumnya ia juga sudah sering sakit-sakitan karena usianya yang sudah lanjut.

"Waktu berangkat sudah sakit-sakitan memang," terangnya.

Kepala Seksi Pendaftaran dan Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulbar Najamuddin membenarkan wafatnya jemaah Sulbar tersebut. Ia mengatakan, sebelumnya almarhumah telah dirawat di rumah sakit di Mina Arab Saudi.

"Dia meninggal karena sakit dan telah dimakamkan di oleh pengurus haji di Arab Saudi," ungkap Najamuddin.

Meninggalnya Hasna menambah jumlah daftar jemaah haji asal Indonesia yang meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji di tanah suci. Saat ini, sebanyak 211 orang dilaporkan meninggal dunia. Data tersebut berdasarkan sistem informasi dan komputerisasi haji (Siskohat) dari Kementerian Agama RI pertanggal 17 Agustus pukul 5.22 waktu Arab Saudi. (awl/har)

comments